KemenagPerhotelanUncategorized

20 Hotel Setara Bintang Tiga di Sektor Syisyah Mekkah Siap Sambut Jemaah

Infoasatu.com,Makassar— Kepala Sektor 3 Mekkah Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 Ikbal Ismail yang saat ini sudah berada di Kota Mekkah memastikan fasilitas Akomodasi haji berupa hotel di Makkah siap sambut jemaah.

Jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang pertama sudah tiba di Madinah sejak 24 Mei 2023. Mereka akan tinggal di Kota Nabi lebih kurang sembilan hari. Setelah itu, secara bertahap mereka diberangkatkan ke Makkah Al Mukarramah mulai 2 Juni 2023.

“Sisa 4 hari jelang kedatangan jemaah haji Indonesia dari Madinah ke Makkah. Dua Hari ini kita cek sejumlah hotel, utamanya yang akan menjadi kantor sektor. Alhamdulillah, semua sudah siap,” terang Ikbal Ismail di Makkah, Senin (29/5/2023).

Dipimpin langsung oleh Ketua Sektor 3 yang juga Kabid PHU Kanwil Kemenag Sulsel, Peninjauan lokasi dan fasilitas akomodasi di sektor 3 Mekkah ini diikuti oleh seluruh Tim Pendukung PPIH Arab Saudi yang ditugaskan di Sektor 3 Wilayah Syisyah Mekkah.

Dijelaskan Ikbal, PPIH Arab Saudi di Sektor 3 Mekkah telah menyiapkan 20 Hotel Setara Bintang 3 untuk menampung 22.237 jemaah haji reguler asal Embarkasi Makassar (UPG), Embarkasi Batam dan Kertajati. berdasarkan kuota dasar.

Meski Jarak Sektor 3 Syisyah dengan Masjidil Haram sekitar 4,5 Km, akan tetapi PPIH Arab Saudi telah siapkan Bus Shalawat untuk mengantar jemaah ke Masjidil Haram, pergi dan pulang. Bus Salawat ini akan beroperasi selama 24 jam.

Akomodasi jemaah Indonesia ini tersebar di lima wilayah. Sektor 1 dan 2 berada di Mahbas Jin. Sektor 3 sampai 5 berada di kawasan Syisah. Sektor 6 dan Sektor 7 di Raudlah. Sektor 8 dan 9 di Jarwal. Sedang sektor 10 dan 11 ada di wilayah Misfalah.

“Kita cek kesiapan hotel, mulai dari kamar, kantor layanan, hingga klinik kesehatan dan lobby hotel. Dan Fasilitas lainnya seperti Mushollah dan Tempat Laundy, Alhamdulillah bisa dikatakan sangat siap. Insya Allah 20 hotel yang telah dikontrak, siap sambut kedatangan jemaah haji Indonesia khususnya dari Embarkasi Makassar di Makkah,” sebut Ikbal Ismail.

Baca Juga :  Sambut Musim Mudik, Pemkot Makassar Siagakan 217 Armada Bus

Berikut Nama Hotel yang telah disiapkan untuk menampung Jemaah di Sektor 3 atau wilayah Syisyah Mekkah : Qasr Al Taliye, Jawharat Al Taliye, Tharawat Manayer Al Osool, Fifian, Yaqup Al Quqandi, Abraj Sorra Man Roa, Alkhulafa 2, Mina View, Alkhulafa 3, Dar Al Qanawi, Al Zaayir Al Dahabi, Rawabi Muna, Makkah Royal, Al Ghazi Blaza, Manar Al Mashaer, Dana Tower, Rehab Al Mahabah, Anwar Mina, Meezab Al Sabiq 2.

“Kita juga sudah cek sejumlah fasilitas pendukung Haji Ramah Lansia, seperti ketersediaan kursi roda dan tempat duduk prioritas bagi lansia,” Jelasnya.

Facebook Comments