Akademisi: IYL-Cakka Unggul Penguasaan Panggung dan Materi di Debat

Infoasatu.com, Makassar – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur  nomor urut 4, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) dinilai paling unggul pada debat kandidat pamungkas Pilgub Sulsel, Rabu (9/5/2018) malam.

Hal ini lantaran semua gagasan mampu disampaikan dengan baik. Tidak sekadar  retorika belaka. Tapi uraian dan pesan yang disampaikan sangat terukur .

Hal ini disampaikan oleh Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) Muh Ridha setelah menyaksikan debat kandidat secara keseluruhan.

Baca juga:

Dua Bersaudara Bertarung di Pilgub Sulsel, Cakka Tetap Hormati Kakaknya Aziz

WTP Lima Kali di Gowa, Modal Penting IYL Debat Kandidat

“Penguasaan panggung IYL lebih baik dari yang lain. Gagasannya tersampaikan, sasaran-sasarannya mengena dan gesturnya lumayan baik,” kata Ridha.

Apalagi, Ichsan dan Cakka adalah eks legislator dan pernah menjadi bupati dua periode. Sehingga program yang disampaikan, sebagian pernah dijalankan di daerah.

Ridha menilai, pengalaman pemerintahan yang bersih dan bebas KKN IYL-Cakka membuktikan debat dijalani dengan baik.

“Penguasaan medan pemerintahan dengan pengalamannya dua periode dan pengalaman Cakka dua periode sudah membuktikan debat yg dijalaninya lebih baik. Modal pengetahuan dan pengalaman itu penting untuk mencoba mencari bentuk-bentuk inovasi dan terobosan yang mungkin dilakukan, yang berguna bagi rakyat dan tidak melanggar aturan,” kata dia.

Menurutnya, penguasaan panggung dan materi yang disampaikan IYL-Cakka lebih prospektif dibanding tiga rivalnya. 

“Dia memperlihatkan suatu teladan dari pengetahuannya yang cukup. Saya kira IYL cukup prospektif,” tandasnya. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Tidak Percaya TNI, Apakah Prabowo Dendam setelah Dipecat? Ini Kata Jokowi

Idris Muhammad

referensi cerdas