Alamsyah dan 2 Camat dari Kota Makassar Lainnya Ikuti Rakornas Camat Se Indonesia Timur

Infoasatu.com, Makassar – Tiga pimpinan tingkat Kecamatan di Kota Makassar menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Camat Regional I di Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Rabu (29/8/2018). Ke-tiga Camat tersebut antara lain, Plt. Camat Mariso, Juliaman, Plt. Camat Ujung Pandang, Andi Pattiware dan Plt. Camat Makassar, Alamsyah Sahabuddin.

Kegiatan yang digelar hingga tanggal 31 Agustus 2018 ini mengusung tema “Peran Strategis Camat dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Wilayah Kecamatan Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 Tentang Kecamatan. Dari jumlah Peserta yang datang sebanyak 527 camat di Regional I (Indonesia Timur) yaitu 10 provinsi dari wilayah Maluku dan Papua serta Pulau Sulawesi.

“Sebagai Perwakilan dari Kota Makassar, tentunya kami merasa gembira bisa mengikuti pelaksanaan Rakornas ini, sebab dengan kegiatan ini, kami bisa saling berkoordinasi dan bertukar pikiran bersama pimpinan kecamatan dari propinsi lain untuk jalannya pelaksanaan pembangunan sosial kemasyarakatan dalam wilayah kami,” kata Juliaman

Camat Makassar, Alamsyah Sahabuddin, mengungkapkan, tujuan Pertemuan tersebut untuk membahas peran strategis camat sebagai pimpinan wilayah sebagaimana diatur dalam Permen 17 Tahun 2018.

“Yang dibahas adalah peran strategis Camat sebagai kepala wilayah sebagaimana diatur dalam PP Nomor 17 Tahun 2018, disamping itu kecamatan sebagai ujung tombak pemerintah harus mampu menjelaskan capaian kinerja pemerintah baik dari tingkat Nasional, Provinsi maupun kabupaten/kota keseluruhan masyarakat,” ucapnya.

Selain dari pada itu Camat sebagai koordinator Tripika ditingkat kecamatan harus mampu membangun senergi dengan seluruh stakeholder di kecamatan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di kecamatan.

Senada yang diungkapkan kedua Camat sebelumnya, Camat Ujung Pandang, Andi Pattiware, juga menuturkan, bahwa secara umum menyangkut kedudukan kecamatan sesuai PP17/2018. Selain itu Bapak Mendagri menyampaikan , camat wajib menyampaikan ke masyarakat program program dan keberhasilan pemerintah ditengah Masyarakat.

Baca Juga :  Pertahankan Predikat Zero PK5, Trantib Kecamatan Makassar Tertibkan PK5 dan Pedagang Musiman

“Diluar itu, kegiatan ini sebagai ajang silahturrahmi dan tukar pikiran dengan camat camat di Indonesia timur menyangkut kebijakan dan inovasi di daerah masing masing,” Ucap A Pattiware.

Pelaksanaan seminar ini berlangsung di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara Sulawesi Utara dengan Narasumber, Menkopolhumkam, Wiranto, Mendagri, Tjahyo Kumolo, Irwasum Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno serta Gubernur Jatim, Soekarwo. (*)

Facebook Comments

Idris Muhammad

referensi cerdas