Pemerintahan

Anggota DPD RI Lepas Kloter 11, Seorang Batal Berhaji Karena Hamil.

Infoasatu.com,Makassar – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) asal Sulawesi Selatan Lili Amelia Salurapa secara khusus dating ke Asrama Haji Sudiang Makassar guna menyaksikan secara langsung proses penyelenggaraan haji di Embarkasi Makassar, dan berkesempatan melepas secara resmi Jemaah Haji Kloter 11 Upg Asal Kab. Bone dan Barru (Rabu, 31 Mei 2023).

Jemaah Haji Asal Kab. Bone dan Barru ini berjumlah 392 orang termasuk didalamnya 5 orang Petugas Haji Kloter, 14 Jemaah diantaranya menggunakan Kursi Roda, salahsatunya bernama Cabi Laja Lama asal Kab. Bone yang meruapakan Jemaah lansia yang berusia 100 tahun.

Dalam sambutan pelepasannya, Senator perempuan asal Tator Sulsel ini berpesan agar Jemaah semaksimal mungkin menjaga kesehatan dan kondisi fisiknya selama berada di Tanah Suci, supaya pada waktunya mampu menjalani dengan tuntas Ibadah hajinya dan kembali ke tanah air dengan selamat dan Mabrur.

Lili Amelia Salurapa juga minta agar Jemaah haji bisa menjaga sikapnya selama di tanah suci. “Jaga Nama baik daerah dan Negara kita, jaga sikap dan tampilkan prilaku kesantunan warga Negara Indonesia selama berada di Arab Saudi”, Pintanya.

Di Kloter 11 ini terdapat satu orang Jemaah haji wanita yanag bernama Niswati Lide Onro Binti Lide dinyatakan Batal berangkat ke Tanah Suci disebabkan yang bersangkutan dinyatakan Positif Hamil setelah melalui proses pemeriksaan Kesehatan di Asrama Haji Makassar.

Menurut kakankemenag Bone H. Abd. Hafid yang sempat menemui jemaahnya yang batal berangkat menjelaskan bahwa, “Pembatalan atas keberangkatan wanita berusia 40 tahun ini, disatu sisi disyukuri oleh yang bersangkutan, sebab sejak menikah lebih 20 Tahun lalu memang belum pernah dikaruniai anak, dan nanti jelang keberangkatannya baru diketahui yang bersangkutan sudah hamil selama 5 minggu.”

Baca Juga :  Memasuki Kemarau, Danny Pomanto Ingatkan Bahaya Kebakaran

“Dibalik pembatalannya ke Tanah Suci, ada berkah dan karunia baru yang didapatkan dari Allah SWT yang memang sudah lama ditunggu tunggu kehadirannya, saya pesankan jaga kesehatan utamanya kesehatan janinnya, Insya Allah ada Berkah dan Hikmah.”

Dalam waktu yang hampir Bersamaan, setelah seluruh Jemaah Kloter 11 Upg masuk di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar untuk diterbangkan pada pukul 20.45 Wita Ke Madinah, iring iringan Bus yang membawa Jemaah haji Kloter 12 Upg yang berasal dari Kab. Luwu dan Gowa juga memasuki Asrama haji Sudiang dan diterima resmi di Aula Arafah yang menjadi lokasi Penerimaan Jemaah Haji oleh PPIH Embarkasi Makassar.

Kloter 12 Upg (Gowa dan Luwu) berisi 388 orang Jemaah Haji ditambah 5 Orang Petugas Kloter dengan rincian Kab. Gowa 102 Jemaah, dan Kab. Luwu 286 Jemaah, yang tertua bernama Mahasing bin Pandu berusia 100 tahun, sedangkan yang termuda bernama Suandi Idris usia 23 tahun asal Kab. Gowa.

Selama di Asrama haji Sudiang makassar, Jemaah Kloter 12 Upg ini akan menjalani serangkaian kegiatan seperti Bimbingan dan pemantapan Manasik , Pembinaan Ketu Regu dan Rombongan, selanjutnya akan diberangkatkan menuju Madinah Esok hari Kamis, 1 Juni 2023 pukul 20.45 Wita.

Facebook Comments