Angin Puting Beliung Menerjang Liang Anggang Kalsel, Sejumlah Rumah Rusak-2 Warga Terluka

Infoasatu.com, Jakarta – Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang kawasan Trikora, Liang Anggang, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Dua gudang dan rumah warga serta kios rusak akibat insiden tersebut.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (29/1/2021) dini hari tadi. Insiden itu juga menyebabkan dua orang terluka.

Relawan emergency Gabungan GUP-Landasan Ulin Selatan, Abdi, mengatakan hujan lebat disertai angin kencang terjadi di Banjarbaru sejak Kamis (28/1) malam. Puting beliung lalu muncul sekitar pukul 01.00 Wita.

Angin itu menerjang sejumlah rumah warga hingga mengakibatkan kerusakan ringan hingga berat. Dua warga terluka akibat tertimpa reruntuhan saat berusaha menyelamatkan diri.

“Kejadiannya begitu cepat dan warga sempat panik. Akibatnya ada dua warga tadi mengalami luka di kepala dan diberikan pertolongan ke puskesmas terdekat,” kata Abdi, Jumat (29/1/2021).

Saat ini para korban memilih mengungsi ke rumah kerabatnya, sebagian di antaranya memilih bertahan sembari memperbaiki kerusakan. Korban adalah warga Landasan Ulin Tengah RT 02, Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru.

“Saat ini kami sudah cek di lapangan dan saat ini sedang diupayakan membantu perbaikan kepada para korban. Sekarang lagi kita distribusikan bantuan dari Kecamatan, BPBD dan Organisasi Batak Muslim di Banjarbaru. Sebagai langkah pertama,” ungkap Camat Liang Anggang, Adriannoor Rivai.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarbaru berupaya menyalurkan bantuan untuk rumah warga yang rusak. Sementara para korban mengungsi ke rumah kerabatnya.

“Kami meminta warga tetap sabar dengan cobaan ini, setelah pandemi dan banjir, putting beliung tiba. Insyaallah pemerintah dan masyarakat lainnya tetap memberikan bantuan kemanusiaan,” tuturnya.

Facebook Comments
Baca Juga :  WNA di Bali Nekat Gelar Pesta di Tengah Pandemi Corona, Dibubarkan Satpol PP