Bazaar Ramadhan Diskop-PLUT Sulsel Bahas Pentingnya Modal Psikologi

Infoasatu.com, Makassar – Gelaran bazaar ramadhan KUMKM 2018 oleh Dinas Koperasi dan UKM Sulsel didukung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) juga menjadi ajang pengembangan kualitas SDM. Berbagai acara  dengan beragam tema sengaja dihadirkan guna memberikan inspirasi dan motivasi bagi peserta dan pengunjung bazaar.

 “Acara bazaar yang pertama kali ini digelar bukan sekedar untuk jualan, tetapi momentum yang strategis memacu kualitas hidup dengan mengundang berbagai pembicara, trainer dan motivator yang handal,” ujar Bahrul ulum, Koord. Konsultan PLUT Sulsel. 

Setelah sebelumnya menghadirkan Pendongeng Kak Rini dihadapan puluhan anak yatim, Sabtu, 26 Mei 2018 sesi menarik di acara bazaar  dengan menghadirkan konsultan pengembangan SDM, Hilman Wirawan. 

Peraih  gelar Master of Arts di Montclair State University Amerika Serikat ini  berbagi tentang pengembangan modal psikologi (Psychological Capital) dalam meraih sukses. 

Dikatakannya, telah lama para ahli mempertanyakan mengenai aspek kepribadian atau psikologis yang mengantarkan orang pada keberhasilan. Para ahli percaya bahwa pasti ada jawaban yang menentukan keberhasilan seseorang.

Ada karakteristik positif yang membentuk seseorang menjadi pribadi unggul. Setelah melakukan serangkaian riset dan uji coba ditemukan empat aspek psikologi yang luarbiasa.  

“Aspek-aspek ini kemudian disebut sebagai Psychological Capital, disebut sebagai modal Psikologis karena memang berperan sebagai sumberdaya yang dapat menjadikan seseorang berhasil menghadapi berbagai tantangan” ujarnya dihadapannya peserta.

Keempat dimensi psikologi tersebut disebutnya “This is A HERO Way”, meliputi Hope, Efficacy, Resilience dan Optimism. Dengan paparan memikat, Hilman selanjutnya mengupas satu per satu keempat modal sikap dan perilaku yang berperan besar dalam menentukan keberhasilan.

“Hope atau harapan adalah perasaan yang kuat bahwa sesuatu tertentu akan terjadi (positive expectation), Efficacy terkait kepercayaan akan kemampuan diri untuk bertindak mencapai tujuan, atau Kepercayaan diri dalam mengontrol perilaku, lingkungan, dan motivasi,” katanya. 

Adapun resilience adalah kekuatan untuk tetap bertahan dan Optimisme sebagai sikap mental yang meyakini bahwa sesuatu yang baik akan terjadi sehingga tetap melakukan usaha, tambahnya. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Resmikan Kanrerong, Danny Puji Kesuksesan PD Parkir Makassar Menata Kendaraan

Idris Muhammad

referensi cerdas