Cegah Banjir, Camat Tamalate Pantau Langsung Kegiatan “Drainase Zero Sedimen”

Infoasatu.com, Makassar – Untuk mencegah banjir, satgas kebersihan kecamatan Tamalate terus melakukan upaya pembersihan saluran pembuangan drainase wilayah kecamatan Tamalate, di jalan Teluk Bayur kelurahan Maccini Sombala dan sekitarnya. Rabu kemarin (24/10/2018).

Camat Tamalate Fahyuddin Yusuf yang memantau langsung pelaksanaan kegiatan “Sedimen Zero Drainase” mengungkapkan, puluhan anggota satgas drainase diturunkan hampir di seluruh wilayah kelurahan, untuk meminimalisir terjadinya bencana banjir yang disebabkan penumpukan sampah dan endapan sedimen yang terdapat dari dalam drainase.

“Resiko banjir selalu menghantui setiap musim hujan tiba, untuk itu, kami menurunkan satgas drainase hampir di seluruh wilayah kelurahan untuk melakukan pengangkatan sampah serta endapan sedimen yang mengakibatkan terjadinya pendangkalan drainase,” kata Fahyuddin.

Lebih lanjut, dalam pengerukan sampah, selain sisa-sisa pasir, juga ditemukan material batu kali, serta banyaknya sampah dalam saluran air. Hal ini menunjukkan, masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Sebab tanpa disadari, sedikit demi sedikit, sampah yang dibuang ke dalam drainase akan menumpuk, sehingga aliran air tersumbat, otomatis air meluber ke jalan dan mengakibatkan terjadinya banjir,” tutupnya. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Imunisasi MR Belum Capai Target di Kecamatan Tamalate, Fahyuddin Ungkap Penyebabnya

Idris Muhammad

referensi cerdas