Dinas Kominfo Kota Makassar

Daftar Siaran TV Digital di Makassar, Ini Cara Cepat Beralih dari TV Analog

Infoasatu.com,Makassar–Siaran TV digital di Makassar telah diterapkan baik itu yang berjaringan maupun lokal. Makassar merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang tergabung dalam Analog Switch Off (ASO) tahap pertama, yang sepenuhnya beralih ke TV digital pada 30 April 2022 lalu.
“Di Makassar TV analog sudah beralih, baik yang TV berjaringan sama lokal semua beralih ke digital,” ungkap Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan (Sulsel), Muhammad Hasrul Hasan .

Hasrul menambahkan, terdapat dua tambahan siaran TV yang merupakan afiliasi dari Metro TV sebagai penyelenggara multiplexing (MUX) TV Digital di Sulsel yakni Magna TV dan BN TV. Menurutnya, siaran TV digital di Makassar masih akan bertambah ke depannya.

“Sementara ini ada dua tambahan ada Magna TV ada BN TV. Jadi bertambah dua siaran untuk saat ini tapi ke depan tentu akan lebih banyak lagi,” jelasnya.

Hasrul menyebutkan saat ini ada tiga penyelenggara MUX TV Digital di Sulsel wilayah 1, yang meliputi Makassar, Gowa, Maros, Jeneponto dan Pangkep. Mereka adalah TVRI, Metro TV dan RCTI.

“Ada tiga penyelenggara MUX dengan pengelompokannya masing-masing,” pungkasnya.

Berikut daftar siaran TV Digital di Kota Makassar:

Daftar Siaran TV Digital di Makassar TVRI 28 UHF
– TVRI
– TVRI Sport HD
– TVRI World
– TVRI Sulawesi Selatan
– NET TV
– Kompas TV
– Fajar TV
– VTV
– Celebes TV

Daftar Siaran TV Digital di Makassar Media Group 34 UHF
– Metro TV
– Indosiar
– Magna TV
– BN TV
– RTV
– SCTV
– Trans 7
– Trans TV

Daftar Siaran TV Digital di Makassar MNC 40 UHF
– RCTI
– MNC TV
– GTV
– iNews
– tvone
– antv

Baca Juga :  Video: War Room Makassar dan Layanan NTPD 112

Cara Cepat Beralih dari TV Analog ke Siaran TV Digital di Makassar

Ada berbagai cara bagi masyarakat untuk menikmati siaran TV digital di Makassar. Mulai membeli TV digital ataupun menggunakan bantuan perangkat bantuan Set Top Box untuk TV yang tidak didukung oleh fitur penangkap siaran digital.

Berikut cara beralih dari TV Analog ke siaran TV digital di Makassar, seperti dilansir dari detikinet:
1. Melakukan Scan Ulang TV Digital
Cara menikmati siaran TV digital di Makassar yaitu memiliki perangkat televisi terbaru yang sudah mendukung siaran TV digital. Tercatat perangkat TV digital yang telah tersertifikasi Kominfo sebanyak 700 unit per 4 Maret 2022.

Perangkat yang tersertifikasi itu berasal dari berbagai merek, seperti Samsung, LG, Mito, Akari, Sharp, Polytron, Aqua, Panasonic, Changhong, Sanken, Realme, Coocaa, Philips, Sony, Hisense, maupun Toshiba.

Tetapi untuk masyarakat yang telah memiliki TV yang mendukung untuk siaran digital di Makassar, cukup melakukan scan ulang. Cara melakukan scan ulang siaran disesuaikan dengan bahasa pengaturan masing-masing perangkat digital TV Digital. Sebagai contoh, berikut cara melakukan scan siaran TV digital di Makassar pada TV digital merek Sharp:

Klik Input pada remote
Pilih DTV
Kemudian klik tools pada remote
Geser ke kanan hingga mendapatkan tools “setelan” kemudian klik
Kemudian klik Saluran
Kemudian Klik Saluran lagi
Lalu Klik “Pemindai Saluran”
Proses pencarian saluran digital akan tampil di layar TV
Setelah proses scan selesai maka siaran akan langsung tampir di layar kaca.
2. Siaran TV Digital di Makassar Menggunakan Perangkat Set Top Box
Set Top Box merupakan perangkat yang akan membantu TV analog dapat menerima sinyal digital, sehingga siaran TV digital di Makassar dapat diterima perangkat tersebut. Jadi, pengguna TV tabung tidak wajib mengganti perangkatnya untuk menikmati siaran TV digital di Makassar.

Baca Juga :  Kabid Aplikasi dan Telematika (Diskominfo) Makassar Ikuti Pemeran PKA Angkatan VIII Puslatbang KMP LAN RI Makassar


Bagi masyarakat yang ingin beralih ke siaran TV digital di Makassar, ini cara pasang set top box TV digital dengan mudah:

Pastikan membeli STB yang sudah tersertifikasi Kominfo.
Buka kemasan STB, yang biasanya isinya terdapat remote, adaptor, kabel RCA (berwarna merah, kuning, putih), kartu garansi, dan buku panduan.
Pindahkan kabel antena yang terpasang di TV ke perangkat STB.
Pasangkan juga kabel RCA di TV yang terhubung ke STB. Begitu juga kabel HDMI.
Setelah itu, menyalakan TV dan STB.
Kemudian masuk ke setting dan pilih HDMI. Kalau TV kalian tidak ada HDMI, maka pilih menu AV.
Lalu pilih menu pencarian saluran dan secara otomatis akan mendeteksi siaran TV digital.

Facebook Comments