Peristiwa

Damkar Parepare Rusak Lantai-Pipa Pembuangan demi Evakuasi Piton 1 Meter

Infoasatu.com,Makassar--Ular piton sepanjang 1 meter masuk ke dalam pipa pembuangan rumah warga di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel). Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) pun terpaksa merusak lantai hingga pipa pembuangan untuk mengevakuasi ular tersebut.
“Jadi kami menerima informasi dari warga tentang adanya kemunculan ular piton di BTN Sawitto,” kata Danton Damkar Parepare, Saharuddin kepada wartawan, Jumat (18/8/2023).

Proses evakuasi ular tersebut dilakukan di BTN Sawitto Indah, Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare pada Rabu (16/8) lalu. Setiba di lokasi petugas Damkar harus bekerja ekstra sebab ular masuk ke pipa pembuangan warga.

“Itu ular masuk ke lubang pembuangan saat kami tiba di lokasi” paparnya.

Tim Damkar yang kesulitan untuk melakukan evakuasi karena lokasi ular piton yang sulit dijangkau masuk ke pipa pembuangan pun terpaksa merusak lantai dan juga pipa pembuangan. Ekor ular kemudian ditarik keluar dan langsung diamankan.

“Petugas terpaksa merusak tegel untuk proses evakuasi ular yang masuk tersebut,” jelasnya.
Ia menegaskan, ular tersebut berdasarkan informasi warga diduga melihat seekor tikus masuk ke pipa pembuangan. Ular tersebut kemudian hendak memangsa ular dan juga ikut masuk.

“Ular ini berdasarkan informasi warga sedang memangsa tikus jadi masuk ke lubang pembuangan,” bebernya.

Adapun untuk panjang ular sendiri disebutkan sekitar 1 meter lebih. Setelah dievakuasi kemudian dilepasliarkan kembali ke habitatnya yang jauh dari permukiman warga.

“Sekitar 1 meter lebih panjangnya. Sudah kita lepaskan ke hutan yang jauh dari jangkauan warga,” jelasnya.
Dalam video yang dilihat detikSulsel, proses evakuasi ular piton tersebut cukup sulit. Petugas merusak lantai untuk bisa menangkap ular tersebut.

Setelah ekor ular ditangkap ekornya oleh satu petugas, tiga petugas lainnya membantu menarik ular keluar dari pipa pembuangan dengan memakai alat khusus penangkap ular. Setelah mulut ular dijepit, satu petugas menangkap ular dan dilakukan proses evakuasi.

Baca Juga :  Jurus Jitu Kadis Damkar Makassar Lahirkan Petugas Hebat

Facebook Comments