Danny Perioritaskan Keamanan Investor dan Pengunjung F8, 29 Negara Bakal Hadir

Infoasatu.com, Makassar – Terhitung H-8 jelang perhelatan Makassar International Eight Festival atau biasa disebut F8. Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mempersiapkan segala hal termasuk soal keamanan para Investor tamu undangan dan pengunjung.

Hal itu menjadi prioritas utama dikarenakan F8 ini diharapkan menjadi event yang terselenggara dengan sukses.

Karenanya, Danny telah membentuk protokol evakuasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat festival berlangsung.

“Semua sudah kita siapkan, kita suda antisipasi. Kita ini masih berduka dengan bencana di Palu taoi kita tetap helat dengan mengutamakan keselamatan, keamanan pengunjung. Insya Allah tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apapun standar sebuah event, selalu ada SOP,” ucap Danny saat menggelar press conference di Hotel Arthama, Selasa (02/10/18).

Kegiatan yang akan dihelat 10-14 Oktober 2018 mendatang ini juga menunjukkan keseriusannya dengan melihat berbagai kesiapan Panitia untuk menyambut para tamu baik dalam maupun luar negeri.

Khusus tamu luar negeri, 29 negara menyatakan siap hadir dan menjadi saksi kemeriahan event nasional yang dicetuskan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto. Diantaranya, Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, Italia. Meksiko, Malaysia, Australia, Polandia, Filipina, dan Spanyol.

Kata Danny, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Konsulat Jenderal (KonJen) dari berbagai negara sahabat dan juga negara yang memiliki hubungan sister city untuk hadir di event tahunan tersebut.

Selain tamu luar negeri, Kata Danny, ada sekira 30 perwakilan dari pemerintah se Indonesia juga menyatakan kesiapan menghadiri event berskala internasional itu selama lima hari kegiatan.

Danny menambahkan, untuk menyukseskan tim yang dibentuk memfokuskan penyelesaian tempat perhelatan. Dimana, progresnya mencapai 85 persen, namun dirinya berharap kesiapan bisa sampai 95 persen dua hari kedepan.

Baca Juga :  Pemkot Makassar Gelar Run Makassar Half Marathon

“Alhamdulillah, kesiapan kita sudah 85 persen tinggal penerapannya. Sehingga pembenahan-pembenahan terkait tempat event dua tiga hari sudah selesai,” ucapnya.

Katanya, kawasan Center Point of Indonesia (CPI) akan digunakan sebagai salah satu kawasan perhelatan event F8, dimana akan ada floating market berupa kapal-kapal nelayan yang akan menjajakan hasil lautnya ke peserta F8.

“Disini (CPI) tempat karnaval, ada juga both yang akan dipasang untuk berjualan dan dipinggir pantai pasir putih akan ada jamuan makan malam bersama para tamu VIP,” ungkapnya

Selain itu, Danny menjelaskan, di kawasan CPI ini juga akan dibuatkan parkiran untuk kendaraan roda dua (motor) dan roda empat (mobil). Akan ada juga lampu-lampu yang bernuansa romantis menambah kemeriahan event F8.

Danny menambahkan, kawasan CPI akan mengambil bagian dari Fruit, Food and Fish yang merupakan bagian dari F8. Selain itu, penambahan ponton untuk Floating Zoo yang didalamnya akan ada hewan-hewan dan bambu gila khas Kota Ambon.

“Ponton untuk Floating Zoo itu posisinya di tulisan Pantai Losari. Ada ada dua nanti tapi beda konsep,” katanya.

Lanjuy Danny, setiap pelaksanaan kegiatan apapun tentu punya kendala-kendala, termasuk kendala yang dihadapi panitia mula dari awal pembentukan hingga penutupan event nasional ini.

“Kendala paling berat itu soal koordinasi tapi insya allah dengan kerja tim bisa teratasi” jelasnya

Perlu diketahui, F8 tahun lalu mencapai 1,3 juta pengunjung, tahun ini Pemkot menargetkan 1,5 juta pengunjung dan menganggarkan sekira Rp 3 miliar untuk menyukseskan event bertema Celebration indiversity.

Selain itu, Pemkot akan menghadirkan 30 perancang busana lokal dan 5 perancang busana nasional dipastikan ikut memeriahkan F8. Selain itu pengunjung akan dihibur dengan artis ibu Kota seperti Regina yang akan tampil pada pembukaan F8. Zaskia Gotik tak ketinggalan serta Padi reborn dan Virsa.

Baca Juga :  Minimalisir Balapan Liar, Danny Siapkan Rancangan Arena untuk Anak Muda Makassar

Berbeda dari tahun lalu yang hanya menampilkan tiga zona. Tahun ini, event F8 dibagi menjadi empat zona. Pertama, di dekat CPI (Jalan Metro Tanjung Bunga) menampilkan food and floating market, zona kedua panggung utama di Anjungan City Of Makassar, zona tiga menampilkan flora dan fauna di Anjungan Pantai Losari, dan zona empat Anjungan Toraja Mandar menampilkan folk dan film. (*)

Facebook Comments

Idris Muhammad

referensi cerdas