Pemerintahan

Danny Pomanto: Pasar Butung Makassar Merupakan Aset Milik Pemkot Makassar.

Infoasatu.com,Makassar–Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto berbicara soal kemungkinan melaporkan pihak KSU Bina Duta selaku pengelola lama Pasar Butung Makassar. Danny mengatakan laporan tersebut terkait penyerobotan lahan.
Hal tersebut disampaikan Danny di Kantor Balai Kota Makassar, Senin (30/10/2023). Danny awalnya menegaskan jika Pasar Butung Makassar merupakan aset milik Pemkot Makassar.

“Sejak kapan aset itu dipunya orang? Masyarakat ini tahu semua kok, secara tertulis, secara daftar aset, kita memiliki aset itu,” kata Danny kepada wartawan.

Danny mengatakan Pemkot Makassar akan mengambil alih pengelolaan Pasar Butung secara utuh. Sebab jika tidak, kata dia, maka Pemkot Makassar bisa dianggap melakukan pembiaran.

“Jadi saya akan mengambil aset itu secara utuh karena kalau tidak itu namanya pembiaran,” terangnya.Dia lalu menanggapi soal pihak KSU Bina Duta yang masih bertahan dan melakukan perlawanan. Danny menyebut aksi tersebut merupakan bentuk penyerobotan dan bisa saja dilaporkan ke polisi.

“Itu bukan perlawanan, kalau itu bisa kita kategorikan penyerobotan, dan itu bisa kita laporkan juga,” kata Danny.

Sebelumnya diberitakan, Pemkot Makassar menegaskan pengambilalihan Pasar Butung tidak perlu melalui pengadilan sebagaimana yang disoroti pengelola lama, KSU Bina Duta. Pihaknya menegaskan pasar tersebut kini sudah dikelola Perumda Pasar Makassar Raya.

“Saya jelaskan bahwa eksekusi (lewat pengadilan) dalam hal ini itu tidak diperlukan. Kenapa, (karena) tidak pernah mereka menggugat bahwa kalau PD Pasar masuk harus digeser ke luar, itu tidak ada,” ucap Kuasa Hukum Pemkot Makassar Fanny Anggraini di Balai Kota Makassar, Selasa (24/10).

Pihaknya pun mengaku heran atas KSU Bina Duta. Dia menegaskan Pasar Butung Makassar merupakan aset milik Pemkot Makassar.

Baca Juga :  Responsif, Bapenda Makassar Langsung Benahi Videotron di Pettarani yang Bermasalah

“Jadi kalau dia katakan mau dieksekusi, apanya yang mau dieksekusi? ini miliknya pemerintah,” tuturnya.

Fanny menekankan saat ini Pasar Butung Makassar sudah dikelola Perumda Pasar Makassar Raya. Pihaknya pun balik meminta pihak KSU Bina Duta melakukan gugatan jika keberatan.

“Kalau mereka melakukan gugatan hukum dan blablabla, oh itu silakan kami tidak melarang, tetapi untuk pengelolaan sekarang murni PD Pasar,” tegas Fanny.

Facebook Comments