Diduga Bermasalah, Dinas Sosial Makassar akan Evaluasi Ribuan Penerima Dana PKH

Infoasatu.com, Makassar – Dinas Sosial Kota Makassar akan mengevaluasi sekitar 2 ribu penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Diduga banyak masalah dalam penyaluran dana.

“Ada laporan dana PKH telah dimanfaatkan untuk kepentingan kelompok tertentu,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Iskandar Lewa kepada wartawan, Senin 25 Februari 2019.

Laporan penyalahgunaan dana PKH yang masuk ke Dinas Sosial bermacam-macam. Seperti dugaan ada oknum yang memotong sebagian dana, penerima dana disandera untuk kepentingan pemilu, dan sejumlah penerima dana PKH tidak masuk dalam golongan keluarga miskin.

“Kita sudah mulai melakukan pendataan,” ujar Iskandar.

Iskandar mengatakan, data penerima dana PKH di Kota Makassar sebanyak 22.871 orang. Karena tidak pernah ada evaluasi dan validasi data, jumlah penerima tidak pernah berubah.

“Kita tidak ingin warga Makassar selalu bergantung kepada dana PKH. Tujuan program ini memutus mata rantai kemiskinan. Bukan menambah orang miskin,” ungkap Iskandar.

Dugaan penyalahgunaan dana PKH dilaporkan ke polisi

Dinas Sosial Kota Makassar telah melaporkan sejumlah Calon Anggota Legislatif yang diduga telah memanfaatkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) untuk meraup suara. Laporan dan bukti yang diterima Dinas Sosial berupa pengakuan lisan, tertulis, dan video dari masyarakat.

“Sudah dilaporkan ke Polrestabes Makassar,”kata Iskandar.

Laporan penyalahgunaan dana PKH untuk sementara berasal dari penerima manfaat di Kecamatan Tamalanrea dan Kecamatan Biringkanaya. Diduga kasus ini terjadi di semua daerah penerima manfaat di Kota Makassar. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Kordinator RT/RW, LPM, Siap Bantu Dinsos Kawal Penyaluran Bansos