Pemerintahan

Dinas PU Makassar Pacu Sarapan Anggaran dengan Perbanyak Belanja e-Katalog

Infoasatu.com,Makasar–Serapan belanja dan fisik Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar sudah mengalami peningkatan.

Hingga 31 Juli Dinas PU mencatat sarapan keuangan mencapai 14,4 persen, sementara serapan fisik mencapai 23,52 persen.

Angka itu mengalami peningkatan dari Juni lalu, dimana serapan keuangan diangka 8,75 persen dan fisik 18,95 persen.

Peningkatan serapan anggaran tersebut juga membuat Dinas PU keluar dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan serapan paling rendah.

Kepala Dinas PU MakassarZuhaelsi Zubir mengatakan, serapan anggaran dan fisik Dinas PU memang lamban terbaca karena membutuhkan proses yang panjang.

Progresnya baru terlihat jika pekerjaan fisik telah rampung.

Helsi-sapaannya menjelaskan, salah satu upayanya untuk mempercepat serapan anggaran yakni lewat belanja e-katalog.

“Alhamdulilah sesuai dengan rencana, karena memang kita melihat riwayat tahun lalu 2022 yang serapan Dinas PU dibawah target jadi tahun ini kita sudah lakukan perbaikan dengan cara yang tadinya tender kita rubah pengadaan barang jasa lewat e-katalog,” ucap Zuhaelsi Zubir di ruang kerjanya, Senin (31/7/2023).

Pengadaan lewat e-katalog tersebut dilakukan untuk pengadaan atau pengerjaan proyek jalan.

Selain memompa dan memacu penyerapan anggaran, pengerjaan proyek lewat e-katalog juga bisa cepat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

“Itu salah satu usaha percepatan, memang sudah lama diterapkan di beberapa kota, kita yang agak lambat di Kota Makassar tapi tahun ini di PU kita akan buat gebrakan percepatan khusus proyek jalan,” katanya.

Adapun proyek fisik di Dinas PU yang sedang berkontrak mencapai 49,14 persen, hampir 50 persen dari infrastruktur yang diprogramkan Dinas PU di 2023.

Kemudian  beberapa proyek prioritas Pemkot Makassar yang sedang berjalan seperti rehabilitasi tower Balai Kota, Kantor Dekranasda, hingga beberapa kantor lurah dan camat. 

Baca Juga :  Bertemu Walikota Danny, PHRI Siap Terapkan Disiplin PPKM Darurat Level IV

Sementara untuk Makassar Goverment Center (MGC) atau gedung mal pelayanan publik (MPP) juga akan segera dikerjakan dalam waktu dekat, apalagi sudah ada pemenang kontrak untuk proyek ini.

Facebook Comments