Pemerintahan

Dinas PU Makassar Siap Kelola IPAL Losari: Komitmen untuk Lingkungan yang Lebih Bersih

Infoasatu.com,Makassar–Dalam upaya untuk meningkatkan pengelolaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kota Makassar, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar turut serta dalam rapat koordinasi yang berlangsung di Ruang Rapat Sekda Lantai 9 Balai Kota.

Rapat ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Makassar, Muh Ansar, dan dihadiri oleh Kepala Dinas PU, Zulhaelsi Zubir, serta Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Air Limbah (UPT PAL), Hamka Darwis.

Rapat ini fokus membahas sejumlah aspek terkait pengelolaan IPAL Losari, termasuk sambungan rumah instalasi perpipaan, kelembagaan, dan tarif pelanggan.

Sekretaris Daerah Kota Makassar, Muh Ansar, menyatakan bahwa hasil rapat koordinasi ini akan segera disampaikan dalam bentuk surat kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, khususnya kepada Dirjen Sanitasi, sebagai laporan mengenai kesiapan Pemerintah Kota Makassar dalam mengelola IPAL Losari.

“Hasil rapat koordinasi ini akan kami sampaikan dalam bentuk persuratan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam hal ini Dirjen Sanitasi sebagai bentuk laporan kesiapan Pemerintah Kota Makassar dalam hal mengelola IPAL Losari,” ujar Ansar.

Selain itu, dia juga menyatakan keterbukaan untuk berkolaborasi dengan pihak terkait, termasuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dalam mengelola sistem air limbah domestik di Kota Makassar.

“Kami siap berkolaborasi dengan pihak PDAM dalam mengelola sistem air limbah domestik di Kota Makassar,” kata dia.

Rapat ini menjadi langkah awal yang penting dalam upaya Pemerintah Kota Makassar untuk meningkatkan infrastruktur dan pengelolaan IPAL demi menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kota.

Facebook Comments
Baca Juga :  Keppres Terbit, Pelunasan Bipih Kuota Tambahan Dibuka 8 – 12 Juni 2023