Dirjen PHU – UIN Alauddin Jalin Kerjasama Program Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji

Infoasatu.com, Makassar – Sebanyak 175 Peserta mengikuti Pelatihan Integrasi Petugas Haji (TPHI, TPIHI, TKHI) Embarkasi Haji Makassar, di Aula Pertemuan Wisma Haji Birr Ali, Asrama Haji Sudiang, Sabtu malam, (19/5/2018).

Kegiatan ini dihadiri Direktur Bina Haji pada Dirjen PHU Kemenag RI, Dekan Fak Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Plt. Kakanwil Kemenag Sulsel, Kepala KKP Makassar, Kabid PHU Kanwil Kemenag Sulsel dan UPT Asrama Haji Embarkasi Makassar.

Prof. Dr. H. Hamdan Juhanis, MA, P.hD. (pembantu Rektor IV bidang Kerjasama UIN Alauddin Makassar) mewakili Rektor UIN Alauddin Makassar usai penandatanganan bersama dengan Dirjen PHU dalam Sambutannya menyampaikan Apresiasinya kepada Kemenag RI atas MoU ini. Menurutnya kerjasama ini bertujuan dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah melalui Program Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji.

“Kolaborasi antara Kanwil Kementerian Agama dan UIN Alauddin Makassar ini bakan ditindaklanjuti pelaksanaannya melalui Prodi Haji dan Umrah di Fakuktas Dakwah Dan Komunikasi Islam,” ungkap Penulis Buku Melawan Takdir yang sudah diangkat di layar lebar tersebut.

Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI , Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag, menyampaikan apresiasi atas perpanjangan dan perluasan ruang dalam kontrak kerjasama ini. Bukan saja berbasis DIPA tapi juga Mandiri.

“Output kerjasama ini sangat penting khususnya bagi Sulsel dan sekitarnya yang sudah bukan rahasia lagi bila animo melaksanakan Ibadah Umrah dan Haji sangat tinggi dan besar, terbukti dari sisi kuantitas jemaah haji dan umrah sangat padat, bahkan terbesar di indonesia dan antrian haji terlama bukan hanya di Indonesia bahkan juga di dunia”, jelasnya.

Mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah berhasil lulus sebagai petugas haji yang telah melalui berbagai tahapan seleksi termasuk terobosan baru tahun ini yakni seleksi melalui sistem CAT.

Baca Juga :  Menteri Agama Akan Diperiksa KPK

Ia juga berharap melalui mekanisme rekruitmen baru bagi petugas haji tahun ini bisa mendorong indeks kepuasan penyelenggaraan Haji Indonesia yang tahun ini mencapai angka 84,85 persen versi Survey BPS. (Wrd)

Dilaporkan oleh :
Mawardy Siradj

Pelaksana pada Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Prov. Sulsel.

Facebook Comments

Idris Muhammad

referensi cerdas