Disdag-Dekranasda Gelar Pelatihan Kerajinan Eceng Gondok

Infoasatu.com, Makassar – Pada Selasa (19/2/2019) dini hari, Dinas Perdagangan (Disdag) melakukan pembinaan terhadap UKM dan pengrajin yang ada di Kota Makassar.

Pelatihan ini bertemakan ‘Kerajinan Eceng Gondok’ Angkatan I dan bertempat di Hotel Ramedo, Jalan Landak Baru.

Dinas Perdagangan bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Makassar menyelenggarakan Pelatihan Kerajinan ini guna mengasa talenta yang dimiliki para pengrajin agar dapat bersaing dengan produk luar negeri.

Ketua Dekranasda Indira Jusuf Ismail, berharap para pengrajin mendapatkan ilmu yang bermanfaat dalam mengolah kerajinan eceng gondok.

“Sebenarnya ilmu bisa diperoleh dari mana saja. Sekarang sudah canggih bisa dapat ilmu dari internet, google. Tapi di kesempatan ini, Dinas Perdagangan tentu sudah punya program-program untuk bagaimana pembinaan kepada pengrajin-pengrajin yang ada di Makassar,” ungkap Indira.

Ia juga berharap pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan dan kreatifitas pengrajin, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas.

“Perlu strategi tersendiri untuk menghasilkan Kerajinan Enceng Gondok yang berkualitas,” tambahnya.

Nielma Palamba, Kadis Perdagangan menuturkan pihaknya telah mendata karya kerajinan apa saja yang layak dibina untuk dilaporkan kepada pemerintah. Agar pengrajin diberi pelatihan-pelatihan seperti yang digelar pada hari ini.

Ketika di tanya mengenai pengrajin yang telah memproduksi barang kerajinan namun belum memiliki pasar, Nielma mengungkapkan melalui pelatihan, para pengrajin dapat memaksimalkan kemampuan dan kreatifitasnya untuk menghasilkan suatu produk yang layak untuk dipasarkan.

Ia juga menegaskan, produk tersebut harus layak terlebih dahulu sebelum masuk ke pasar kerajinan.

“Nah, melalui pelatihan ini lah, produk itu diuji layak atau tidak dijual,” pungkas Nielma.

Asisten II Wali Kota Makassar Andi Irwan Bangsawan, juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Facebook Comments
Baca Juga :  Resmi Buka Job Fair 2018, Danny: Manfaatkan Sebaik-baiknya