Disdik Makassar Terapkan Pelaksanaan Shalat Dhuha Berjama’ah Di Lingkungan Sekolah

Infoasatu.com, Makassar – Dinas Pendidikan saat ini tengah menerapkan pelaksaan shalat dhuha berjama’ah. Hal itu untuk meningkatkan keimanan seluruh siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama.

Abd Rahman Bando selaku kepala Disdik Makassar mengatakan, saat ini pelaksanaan shalat dhuha berjama’ah hanya diterapkan di hari Jum’at. Namun, ia terus berupaya untuk meningkatkan program ini, agar dapat dilaksanakan setiap harinya.

“Beberapa sekolah ada yang sudah lama menerapkan. Untuk menyeluruh (sekolah) sudah berlangsung satu setengah bulan ini,” ujarnya, Jumat (22/03/2019).

Shalat dhuha ini dilaksanakan sebelum memulai pelajaran, dan diakhiri dengan kuliah tujuh menit (kultum) oleh siswa secara bergantian setiap pekannya.

“Jam 7 padi salat duha sudah dimulai. Ada kultum setelah salat, anak-anak kita latih kultum sejak dini,” ucapnya.

Rahman juga berharap dengan adanya rutinitas ini, membuat negara menjadi semakin damai dan terhindar dari bencana, juga menjadi sarana untuk melatih anak didik agar tekun dalam beribadah.

“Jadi doa anak-anak yang belum banyak dosa Insha Allah maqbul. Semoga dengan doa anak-anak, sekolah kita di Makassar dan bahkan Indonesia bisa makin damai, terhindar dari bencana dan sekaligus melatih anak-anak didik untuk tekun melaksanakan ibadah,” tutupnya.

Facebook Comments
Baca Juga :  Di Depan Delegasi India dan Vietnam, Denny Hidayat Paparkan Keunggulan Makassar Sombere’ & Smart City