Pemerintahan

Distaru Tegaskan Visinya Jadikan Makassar Kota Hunian dan Pusat Kreatif

Infoasatu.com,Makassar--Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Makassar, menegaskan visinya untuk menjadikan Kota Makassar sebagai kota hunian dan pusat usaha kreatif yang dinamis, indah, dan nyaman.

Distaru Kota Makassar memiliki peran kunci dalam mengkoordinasikan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan fungsi pemerintah terkait perencanaan ruang, pemanfaatan ruang, dan pengendalian ruang.

Salah satu fokus utama Distaru Kota Makassar adalah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, terutama dalam bidang penataan ruang, dengan penekanan khusus pada transparansi dan penyebarluasan informasi bidang tata ruang kepada masyarakat.

Tugas dan fungsi Dinas Penataan Ruang sejalan dengan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, khususnya Pasal 11 Ayat 5.

“Undang-Undang tersebut memberikan wewenang kepada pemerintah daerah kabupaten/kota untuk menyebarluaskan informasi terkait rencana umum dan rinci tata ruang dalam rangka pelaksanaan penataan ruang wilayah kabupaten/kota,” kata Kadistaru Makassar, Fahyuddin

Menurutnya, dalam konteks pembinaan penataan ruang, pemerintah kabupaten/kota diamanatkan untuk mengembangkan sistem informasi dan komunikasi penataan ruang serta menyebarkan informasi tersebut kepada masyarakat sebagai upaya pengembangan dan penyebarluasan pengetahuan mengenai tata ruang.

Facebook Comments
Baca Juga :  Ketua TP PKK Makassar Jadi Narasumber dalam Pembekalan Mahasiswa KKN Tematik Unhas