DP2 Makassar Lanjutkan Pemberian Bantuan Bibit Ikan Budidaya

Infoasatu.com, Makassar – Pemerintah Kota Makassar memastikan akan membagikan bibit ikan untuk budidaya pada tahun ini. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar, Abd. Rahman Bando. Senin (5/3/2018).

Abd. Rahman Bando mengatakan berdasarkan kontrak yang telah tertuang dalam Renstra hasil terjemahan RPJMD Kota Makassar pihaknya akan melanjutkan pembagian bantuan bibit ikan.

“Kita akan lanjutkan program-program yang telah dilaksanakan tahun lalu mengenai bantuan bibit ikan nila dan ikan lele tahun ini,” ungkap Abd. Rahman Bando.

Adik Bupati Enrekang ini menambahkan bahwa pihaknya akan memprioritaskan kelompok-kelompok budidaya yang telah mengusulkan sejak tahun lalu. Meski demikian, tetap akan dilakukan verifikasi administratif dan teknis.

“Tim dari Dinas Perikanan dan Pertanian kemudian akan pilih berdasarkan urutan permohonan yang telah masuk. Kemudian diverifikasi apakah memenuhi syarat atau tidak. Seperti sertifikat kelompok yang dikeluarkan oleh Lurah setempat,” kata Abd. Rahman.

Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi teknis seperti ketersediaan dan kelayakan lokasi pembudidayaan.” Kiya akan lihat, apakah sudah punya kolam-kolam pembudidayaan baik kolam tanah, kolam karamba atau kolam terpal. Begitu juga kelayakannya,” lanjutnya.

Mengenai jumlah yang akan dibagikan, Abd. Rahman Bando mengaku tidak bisa memaparkan secara detail. Namun, dia memastikan bahwa tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. “Mengenai jumlahnya saya tidak tahu pasti silahkan ke Kabid Perikanan,” ujarnya. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Pemkot Makassar Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2021 Secara Daring

Idris Muhammad

referensi cerdas