DPRD Langsa Pelajari Penerapan Smart City di Pemkot Makassar

Infoasatu.com, Makassar – Pemerintah Kota Makassar menerima kunjungan kerja rombongan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRD) Langsa di Ruang Rapat Sekda Kota Makassar, Senin (19/2/2018). Rombongan kunjungan kerja ini dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Langsa, Faisal.

Mereka diterima oleh Staf Ahli Pemkot Makassar, Azis Hasan yang mewakili Walikota Makassar. Hadir pula sejumlah jajaran pimpinan SKPD lingkup Kota Makassar serta Direktur Utama RSUD Daya.

Dalam kesempatan tersebut, pihak DPRD Langsa menyampaikan bahwa pihaknya ingin mengetahui lebih jauh implementasi Smartcity di Kota Makassar serta pola integrasinya ke sejumlah sektor, seperti kesehatan.

Di mana Kota Makassar telah melakukan sistem informasi secara online melalui penerapan Sistem Informasi dan Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS).

Menanggapi rasa penasaran Dirut RSUD Daya, dr. Ardin Sani mengatakan bahwa di RSUD Daya yang dia pimpin telah menerapkan SIM-RS yang mampu mengkoneksikan rekam medis pasien di sistem.

“Rekam medis pasien tetap tersimpan dan dapat terpantau, tapi mengingat sifatnya rahasia jadi kita pilah pilih yang bisa ditampilkan. Apalagi melalui sistem ini dapat terpantau di War Room Balaikota,” kata Ardin Sani.

Ardin Sani juga menyampaikan hal ini lah yang menjadi salah satu indikator RSUD Daya yang dipimpinnya menjadi role model rumah sakit oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

Selain sektor kesehatan, persoalan perekonomian, pertania, perindustrian turut menjadi bahan sharing kedua belah pihak. Kemudian bersiap tuk beranjak ke pemantauan langsung di lapangan.

Di akhir pertemuan, Azis Hasan menyampaikan bahwa apa yang dipaparkan dari semua SKPD yang hadir adalah sebagian kecil dari Kota Makassar. “Jadi, silahkan nikmati Makassar, silahkan coba kulinernya,” tutupnya. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Satukan Persepsi tentang Aturan, Disdag Kumpulkan Pelaku Usaha Minol