DPRD Minta Pemkot Makassar Maksimalkan Penggunaan CCTV Kota

Infoasatu.com, Makassar – DPRD Makassar meminta penggunaan closed circuit television (CCTV) di Makassar dimaksimalkan. Apalagi, tahun ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) merencanakan penambahan unit CCTV di beberapa titik.

Anggota Komisi C DPRD Makassar, Syamsuddin Kadir mengatakan, bahwa pemasangan CCTV disetiap sudut kota sangat diperlukan.

Dia menilai dengan adanya penambahan CCTV, diharapkan kinerja di ruang kontrol War Room Balaikota lebih memaksimalkan fungsinya.

Termasuk dengan jarak pemantauan yang lebih luas. Dengan begitu, pemerintah bisa lebih waspada dan antisipatif terhadap kejadian yang ada Kota Makassar.
“Kita tidak ingin kejadian di Surabaya terjadi, makanya kita ingin di Makassar ini kegiatan sekecil apapun itu bisa terpantau melalui CCTV. Itulah kenapa ada penambahan CCTV agar fungsi war room di balaikota bisa lebih baik lagi,” katanya, (21/5).

Hal senada juga diungkapkan anggota Komisi C lainnya, yakni Arifin Dg Kulle. Legislator PKPI Makassar ini mengakui jika tahun ini ada penambahan beberapa unit CCTV yang akan dipasang di titik-titik rawan terjadinya kejahatan.

Dia juga mengharapkan pengadaan CCTV ini juga dilakukan di sejumlah tempat keramaian, termasuk tempat-tempat usaha.

Karena itu dia mengimbau pengadaan CCTV juga diwajibkan kepada sejumlah pengusaha yang mengundang keramaian.
“Harus memang ada penambahan karena kemarin hanya sekitar 150 an lebih yang dipasang dan tidak bisa meng-cover keseluruhan wilayah. Para pengusaha juga sebaiknya pasang,” jelasnya.

Selain itu, anggota Komisi C DPRD Makassar ini berharap dengan adanya sistem pemantauan dalam kota yang disedikan oleh pemkot dapat mendukung kepolisian mengamankan kota Makassar, khususnya wilayah yang dijadikan tempat-tempat keramaian, termasuk tempat ibadah dan wisata.
“Kalau ada CCTV kan lebih aman, semua kejadian bisa terekam,” pungkasnya. hasdinar burhan. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Iqbal Suhaeb Apresiasi Prestasi Pelajar Makassar di Kancah Internasional

Idris Muhammad

referensi cerdas