Pariwisata

Festival Museum Se Sulawesi Selatan 2023

Infoasatu.com,Makassar–Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan (Disbudpar Sulsel) melalui UPT Museum dan Taman Budaya (Museum La Galigo) menyelenggarakan Festival Museum se-Sulawesi Selatan dengan tema “Keberagaman dalam Bingkai Kebersamaan” di Gedung D Benteng Rotterdam pada tanggal 8-9 November 2023. Festival museum ini memiliki beberapa rangkaian kegiatan di dalamnya, yakni Pameran Temporer, Workshop Konservasi, dan Lomba Permainan Tradisional.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan (dr. H.M. Ichsan Mustari, M.H.M.), turut mendampingi Sekretaris Disbudpar Sulsel (Andi Munawir, S.Pt., M.M.) dan Kepala Museum La Galigo (Riswan Sawedi, S.Pd.). Total delapan museum di Sulawesi Selatan ikut memamerkan koleksi mereka di kegiatan Pameran Temporer, selain juga Museum La Galigo sebagai tuan rumah: Museum Nene’ Mallomo Sidrap, Museum Appaka Sulapa Takalar, Museum Pongtiku Toraja Utara, Museum Collie Pujie Barru, Museum Demmatande Mamasa, Museum Swasta Celebes Vintage Gallery, Museum Kota Makassar, dan Museum Naval TNI-AL.


Sementara Workshop Konservasi menghadirkan tiga pemateri H. Andi Ahmad Saransi, Nunuk Nurul Chamisyany, dan Munafri, S.Sos., M.Adm., SDA. Lima puluh orang utusan dari berbagai museum di Sulawesi Selatan dan elemen mahasiswa berpartisipasi sebagai peserta.

Festival Museum se-Sulawesi Selatan 2023 ditutup dengan Lomba Permainan Tradisional dengan peserta berasal dari tingkat sekolah menengah pertama di Makassar. SMP Negeri 53 Makassar keluar sebagai juara Lomba Egrang, sementara Lomba Tarompah dimenangkan oleh SMP Negeri 2 Makassar. Lomba Gasing dimenangkan oleh SMP Kartika Makassar, dan Lomba Susun Puzzle dimenangkan oleh MTS Negeri 1 Makassar.

Facebook Comments
Baca Juga :  Diskominfo Makassar Terima Dua Penghargaan IGA 2023