Gagasan Hari Kebudayaan Danny Pomanto Disambut Baik, Pegawai Toko Hingga PNS dan Siswa Pakai Baju Adat Seharian

Infoasatu.com, Makassar – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto sejak lama telah menginisiasi terlaksananya perayaan hari kebudayaan di Makassar.

Hari ini, Senin, (1/4) kegiatan ini pun mulai dibumikan. Seharian penuh seluruh warga Makassar, mulai dari OPD/ SKPD, Pegawai Toko, Siswa Sekolah Dasar dan Menengah mengenakan pakaian adat khas daerah. Mereka memberi pelayanan dengan berbaju daerah dari berbagai adat  dan budaya nusantara.

Khusus di sekolah juga ditambah dengan memberi pendidikan tentang kebudayaan selama proses belajar berlangsung.

Menurut Danny sapaan wali kota, kebudayaan adalah identitas bangsa yang harus terus ditanamkan dan diajarkan.

“Hari ini kita serentak mengenakan pakaian adat. Karena Kebudayaan adalah identitas bangsa. Budaya kekayaan bangsa, budaya membuat kita beda dari yang lain. Budayalah yang membuat kita jadi Indonesia,” ucapnya saat mengunjungi salah satu sekolah yakni SD Mangkura.

Setidaknya ada dua sekolah dikunjungi yakni pada jenjang SD dan SMP. Danny juga terlihat menyempatkan menguji pengetahuan sejarah dan budaya siswa dengan menanyakan nama-nama pahlawan di Makassar.

Di hari kebudayaan kota Makassar ini ia ingin menanamkan dan menumbuh kenalkan untuk anak-anak dan warga secara keseluruhan, Bukan hanya budaya Bugis, Makassar, Mandar Toraja, tapi seluruh budaya Indonesia.

“Anak-anak kita disarankan untuk memakai baju tradisional, terserah bapak ibunya memilih pakaian adat apa. Hari ini, semua materi pengajaran mengajarkan tentang budaya, tentang budaya Makassar, budaya Indonesia dan kita fokus hari ini untuk bagaimana penanaman budaya, untuk mengenali budaya kita sendiri,” pungkas Danny. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Buka Secara Resmi UKW PWI Sulsel, Danny Ajak Media Netral Perangi Hoax

Idris Muhammad

referensi cerdas