Gelar Seminar, MUI: Ada Apa Dengan Islam Nusantara?

Infoasatu.com, Makassar – Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Makassar menggelar seminar bertajuk ada apa dengan Islam Nusantara, Kamis, 30 Agustus 2018, di hotel agraha Makassar.

Hal ini menyusul fenomena isu Islam Nusantara yg saat ini berkembang di tanah air sehingga menjadi konflik sosial.

Kelompok pro Islam Nusantara berusaha mengembangkan gagasan ini. Sementara kelompok kontra tidak menyetujuinya, karena wacana tersebut dinilai berbahaya bagi ajaran dan umat Islam.


BACA JUGA:

HUT RI ke-73 di Kecamatan Wajo, Danny Diberi Topi Ala Tionghoa


Untuk itu MUI kota Makassar langsung melakukan antisipasi mencegah konflik sosial dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Islam Nusantara.

“Kita sengaja mengangkat Islam Nusantara karena isu-isu sosial saat ini menjadi pro dan kontra, organisasi terbesar di Indonesia saja antara NU dan Muhammadiyah ada yg menerima dan ada juga yg tidak menerima,” ujar ketua MUI kota Makassar K.H.baharuddin HS.

Hadir dalam seminar ini tokoh-tokoh agama dan akademisi, serta narasumber Dr. Ahmad Baso, penulis buku Islam Nusantara.

Menurut Ahmad Baso mengapa Islam Nusantara, karena menurutnya Islam inilah yang menyatu dengan budaya dan tradisional yang dari dulu dan diimplementasikan oleh ulama-ulama terdahulu seperti Wali Songo.

“Islam Nusantara adalah Islam yang diperkaya dengan tradisi ke-Indonesiaan. Sejak pertama masuk ke Indonesia, para penyebar Islam mengakomodir sejumlah tradisi ke-Indonesiaan,” katanya Baso yang juga aktivis Lakpesdam NU ini. (*)

Penulis: Akbar Muhaimin

Editor: Idris Muhammad

 

Facebook Comments
Baca Juga :  Tugas Selesai, Kini Danny Nikmati Ibadah Umroh Bareng Keluarga

Idris Muhammad

referensi cerdas