Hadiri Rakorsus, Ichwan Jacub Paparkan Pencapaian Diskominfo Makassar

Infoasatu.com, Makassar – Pemkot Makassar menggelar acara tahunan Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) tahun anggaran 2019 bertema Makassar 4.0 Now, New, and Next. Acara berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton, Jalan Andi Djemma, dihadiri Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah beserta pejabat struktural Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar.

Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Ichwan Jacub dalam kesempatannya, memaparkan pencapaian-pencapaian yang berhasil diraih oleh Diskominfo, termasuk layanan Home Care.

“Craster dan NTPD 112 menyediakan sistem layanan aduan yang gratis, cepat, handal, dan terintegrasi untuk panggilan darurat dalam wilayah Kota Makassar. Saat ini jumlah panggilan masuk ke layanan NTPD 112 sebanyak 397.295 (2018) dengan performa layanan tertinggi di 97.30 persen dan panggilan permintaan layanan HomeCare berkisar antara 323 – 527 panggilan per bulan,” katanya, Selasa (29/1/2019).

Ia mengungkapkan, dalam membangun sistem ketahanan siber untuk layanan Pemerintah Kota Makassar dan SSL 2019, Dinas Kominfo membentuk program cyber security strategy.

“Mendorong integrasi sistem pengamanan kota terpadu dengan melibatkan semua pihak untuk berpartisipasi di dalamnya. Telah ada Peraturan Walikota Makassar Nomor 4 Tahun 2017 tentang Penyediaan dan Pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) Pada Bangunan Gedung. Saat ini telah terpasang 154 CCTV (APBD) ditambah dengan 315 CCTV atas partisipasi pihak swasta,” tuturnya.

“Integrasi CCTV Pemerintah Kota Makassar dengan INAFIS Bareskrim Mabes POLRI mulai 28 April 2018. Integrasi dan pemanfaatan CCTV Pemerintah Kota Makassar untuk Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Dirlantas Polda Sulawesi Selatan mulai 26 Desember 2018. Pengembangan digital security system dengan memanfaatkan kecerdasan buatan untuk license plate recognition (pengenalan nomor polisi) dan integrasi dengan Dirlantas Polda Sulawesi Selatan dan Samsat Sulawesi Selatan pada 2019,” lanjutnya.(*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Danny Lantik dan Ambil Sumpah 400 ASN yang Dilantik di Kanre Rong