Pemerintahan

Indira-Fatma Kenalkan Baju Bodo Bugis Makassar Lewat Fashion Show APEKSI 2023

Infoasatu.com,Makassar– Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang ke XVI tahun 2023 tengah dilangsungkan di Makassar sejak 10-14 Juli 2023.

Sebanyak sebelas rangkaian acara yang dilangsungkan selama 5 hari telah diagendakan. Diantaranya adalah acara fashion show ragam baju bodo Bugis Makassar yang disuguhkan dalam rangkaian acara Ladies Program APEKSI XVI di Fort Rotterdam Makssar, Kamis (13/07/2023).

Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail menjelaskan Ladies Program APEKSI XVI ini digodok untuk menonjolkan budaya Makassar. Sehingga salah satu rangkaian acara Ladies Program menghadirkan Fashion Show ragam baju bodo.

Selain itu, Peragaan fashoin show baju bodo ini ditampilkan untuk mengenalkan ragam baju bodo Bugis Makassar kepada para Istri Wali Kota se-Indonesia. Tercatat sebanyak 55 Istri Wali Kota dan lima istri Wakil Wali Kota hadir dalam acara ini.

“Jadi tema Ledies Program kita ini salah satunya mengangkat baju bodo. Nanti ibu-ibu kita akan show menggunakan baju bodo, sehingga dengan cara itu mereka mengenalkan budaya kita,” ujar Indira saat memberi sambutan.

Adapun peraga pada fashoin show ini adalah para Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan Kota Makassar. Mereka tampil mengenakan berbagai jenis dan transformasi baju bodo modern.

Hal itu sekaligus menunjukkan upaya Pemkot Makassar melestarikan dan mempromosikan tradisi dan budaya Makassar kepada dunia luar.

Tidak hanya lewat fashion show, baju bodo Bugis Makassar ini turut dikenakan oleh seluruh panitia, Srikandi Pemkot Makassar, Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi, hingga Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail.

Baju bodo juga ditampilkan lewat upacara Mappasiori Waju yang menjadi rangkaian acara pembuka Ladies Program APEKSI XVI.

Baca Juga :  Pemkot Makassar-Konsulat Jenderal India Selenggarakan Hari Yoga Internasional di Makassar

Diketahui, tradisi Mappasiori Waju merupakan prosesi memakaikan baju bodo sebanyak tujuh lapis kepada anak gadis. Sebanyak tujuh istri Wali Kota secara langsung diundang naik kepanggung satu persatu memakaikan baju bodo kepada sang anak. (*)

Facebook Comments