Ini Pesan Deng Ical pada Bimtek LPPD

Infoasatu.com, Makassar – Pemerintah Kota Makassar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Mekanisme Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Pemerintahan Daerah (LPPD) 2018. Kegiatan ini digelar di Hotel Grand Asia, Jalan Boulevard. Selasa (21/3/2018).

Kegiatan dibuka langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI, dan dihadiri puluhan perwakilan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pemerintah kecamatan.

Dalam sambutannya, Deng Ical sapaan akrab Syamsu Rizal menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek Mekanisme LPPD 2018 tersebut digelar untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi Pemkot Makassar yang telah memperoleh predikat terbaik dalam LPPD.

“Awal-awal kami menerima tim LPPD dari kementerian, sekitar dua tahun lalu, dan kita berada di nomor dua dari bawah. Tapi setelah dibimbing, LPPD kita sudah baik,” kata Deng Ical, mengawali pembukaan.

“Posisi bawah ini, antara lain dipengaruhi oleh adanya perilaku ego sektoral, yang sangat mempengaruhi koordinasi. Sehingga kinerja tidak maksimal,” lanjut Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar ini.

Ia menambahkan, hal lain yang juga mempengaruhi adalah tidak terlapornya hal-hal yang ada. “Seperti, persoalan sanitasi, melek huruf, rasio ketersediaan jamban kita rendah. Ternyata bukan karena tidak ada, tapi tidak dilaporkan setelah dibuat. Jadi yang terdata itu angka yang dulu-dulu.bukan data yang terbaru,,” urai Deng Ical.

Dia berharap kegiatan bimtek ini bukan hanya seremonial belaka. Sehingga para peserta dituntut untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pengetahuan, termasul agar lebih bertanggung jawab.

“Ini entry point bagi kita untuk memperbaiki yang masih kurang. Sinergi administrasi, outcome-nya serta impact-nya ke masyarakat sangat perlu. Tolak ukurnya dengan melihat Renstra, apakah outcome-nya sudah sesuai atau tidak,” tutup wakil dari Mohammad Ramdhan Pomanto ini. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Deng Ical Lettakan Batu Pertama Perluasan Masjid Hj Nurhany di Tamalate

Idris Muhammad

referensi cerdas