Inovasi ‘Pasikola’ Menangkan The Innovative Application Award “Compolis”

Infoasatu.com, Makassar – Pemerintah Kota Makassar yang dikenal sebagai Sombere’ and Smartcity yang gencar menciptakan inovasi kembali akan meraih penghargaan internasional. Kali ini giliran inovasi Pasikola yang memenangkan The Innovative Application Award “Compolis” yang diprakarsai Smart City Association.

Kasubag Kerjasama Antar Daerah/Lembaga pada Bagian Perekonomian dan Kerjasama Kota Makassar, Najiran Syamsuddin menyampaikan dari sekian kategori yang ada, Kota Makassar berhasil meraih kategori Smart Transportation melalui Pasikola.

“Kompetisi ini diikuti oleh 200 kota di dunia yang mengusung konsep smart city. Untuk Kota Makassar memenangkan kategori inovasi yang mewakili Smart Mobilty/ Transportation,” ungkap Najiran Syamsuddin, Rabu (7/2/2018).

Penghargaan bergengsi ini memiliki sejumlah kriteria yang menjadi indikator penilaian. Di mana inovasi yang diikutkan dalam kompetisi harus memenuhi sejumlah kualifikasi. Najiran menjelaskan inovasi harus berkelanjutan di masyarakat, membantu masyarakat dalam aspek ekonomi.

“Selain itu, harus didukung oleh masyarakat dan lingkungan sosial, kemudian telah diuji keberhasilan prototype pelaksanaannya, serta inovasi mewakili konsep smart city yang dapat diadaptasi oleh seluruh lapisan masyarakat,” kata Najiran.

Dengan kualifikasi tersebut, Pasikola sebagai inovasi sistem transportasi publik yang bersahabat dan diperuntukkan bagi siswa sekolah ini berhasil menyingkirkan kompetitor dari ratusan smartcity dari berbagai belahan dunia.

“Pasikola” sendiri merupakan bahasa Makassar yang dapat diartikan “anak sekolahan” atau “orang yang pergi sekolah”. Penggunaan nama Pasikola ini sendiri sebab konsep Smartcity Kota Makassar tetap mengedepankan nilai kearifan lokal: Sombere’ and Smartcity.

Selain Pasikola, Najiran mengatakan terdapat dua inovasi milik Pemkot Makassar yang berhasil masuk sebagai finalis. Sedangkan layanan Dottoro’ta Homecare dan Lorong Sehat berhasil menjadi finalis di kategori Smart healthcare,” ujarnya

Diketahui, terdapat 10 kategori dalam kompetisi internasional bergengsi ini, seperti Smart building, Smart healthcare, Smart education, Smart energy, Smart commerce, Smart tourism, Smart mobilty/ transportation, Smart agriculture, Smart governance, dan Smart disaster prevention.

Baca Juga :  MUI Doakan Keselamatan Danny Pomanto untuk Terus Memimpin Makassar

Rencananya penyerahan penghargaan ini akan dilakukan Taipei World Trade Center Nangang Exhibition Hall, Taiwan. Saat pelaksanaan Taipei Smart City Summit and Expo (SCSE) 2018 pada tanggal 27 Maret 2018 mendatang. (*)

Facebook Comments