Judas Vs Ome di Pilkada Palopo, Siapa Paling Kuat ?

infoasatu.com, Palopo – Kontestasi Pemilihan Wali Kota Palopo 2018 diprediksi akan berlangsung dengan tensi tinggi antara pasangan Calon HM Judas Amir – Rahmat Masri Bandaso (Juara) dan Akhmad Syarifuddin – Budi Sada.

Judas Amir tak lain adalah kandidat petahana calon Wali Kota dan Akhmad Syarifuddin atau Ome, adalah Wakil Wali Kota Palopo saat ini. Keduanya memutuskan saling berhadap – hadapan di Pilkada nantinya.

Hitung – hitung kekuatan antara dua figur tersebut, pengamat berpendapat bahwa Ome tetap dinilai berpotensi menumbangkan Judas Amir meski akan diusung dengan koalisi gemuk Partai Politik dan berstatus kandidat petahana.

“Dari sejumlah survei yang telah dilakukan, Ome tetap berpeluang untuk mengalahkan Judas. Selisihnya hanya di margin of eror. Posisi judas sangat rawan apalagi jika Pilkada Palopo berlangsung head to head antara Ome – Budi Sada dan Judas – Rahmat,” ujar Suwadi Idris, Direktur Indeks Politica, Jumat (29/12/2017).

Dijelaskan Suwadi, apabila Ome ingin memenangkan pertarungan di Pilkada Palopo, Ome disarankan untuk menyatukan kekuatan dengan kelompok dari figur – figur lain, salah satunya adalah kelompok dari Haidir Basir yang dinilai cukup kuat jika bersatu dengan Ome untuk melawan Judas – Rmb. “Namun kita kembali kepada Ome atau Haidir saya kira ini akan kuat,” kata Suwadi.

Beda halnya dengan pandangan Suwadi, Direktur Nurani Strategic Nurmal Idrus berpendapat jika pilkada palopo digelar hari ini, maka kekuatan petahana masih cukup sulit diimbangi.

“Menurut saya, kekuatan Judas Amir di pilkada tahun ini jauh lebih besar daripada ketika dia memenangi pilkada 4 tahun lalu. Kali ini, dia dilapis oleh kekuatan personal dan militansi tim yang dimiliki oleh wakilnya Rahmat Masri bandaso,” kata Nurmal, Senin (1/1/2018).

Baca Juga :  Begini Motivasi Atlet Pencak Silat Indonesia yang Sukses Membuat Jokowi-Prabowo Berpelukan

Menurut Nurmal, Rahmat Masri Bandaso (RMB) punya pengalaman dan punya basis yang jelas. “Jadi itu poin pentingnya. Kekuatan Judas makin kuat karena sekarang dia berposisi sebagai petahana dan tentu ia mengendalikan kekuatan birokrasi,” katanya.

Nurmal berpendapat jika tak ada terobosan strategi yang dipilih oleh, Ome maka sulit baginya mengimbangi Judas. Menurut Mantan Ketua KPU Makassar ini, Judas dikuatkan oleh RMB. “Pilihan Judas ke RMB adalah pilihan terbaik menurut saya. Kekuatan elektrolalnya kini lebih tebal,” tandasnya.

Sementara Ome mengatakan yakin bisa masuk ke arena Pilkada Palipo dan tidak khawatir jika harus head to head dengan Judas. “Insya Allah, apapun itu kita siap berkompetisi dengan cara – cara yang santun dan beradab,” kata Ome, kemarin. (*)

Facebook Comments