Kawal Pemilu, Bawaslu Gowa Gelar Pelatihan PPL Se-Kabupaten

Infoasatu.com, Makassar – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa, melalui Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), menggelar pelatihan bagi Panitia Pengawas Lapangan (PPL) se-Kabupaten Gowa, di hotel Swiss bell Inn Panakukang, Makassar, Jumat-Sabtu, (29-30/03/2019).

Kagiatan ini dihelat mengingat tugas PPL yang berada di tingkat kelurahan dan desa, yang tidak ringan, serta pelaksanaan pemilu yang semakin dekat, sekaligus dalam rangka penguatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam kesempatan itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa Juanto yang membawakan sambutan, menegaskan kegiatan penguatan SDM ini dilakukan agar tugas PPL yang merupakan ujung tombak dari pengawasan dapat maksimal dilaksanakan.

Sekaligus memberi pemahaman tentang pengawasan dan pencegahan serta bisa mengindetifikasi temuan-temuan yang diindikasikan sebagai pelanggaran dalam proses pemilihan serentak April 2019 mendatang.

“Pelatihan ini sangat berguna untuk teman-teman PPL, supaya bisa lebih memahami maksud dari sistem pengawasan, pencegahan, dan tingkat PPL bisa mengidentifikasi temuan-temuan yg berindikasi sebagai pelanggaran” jelas Juanto yang membidani Koordinator Devisi Pengawasan dan Hubungan Lembaga ( PHL).

Ketua Komisioner Bawaslu Gowa, Samsuar Saleh dalam penyampaian materinya menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir untuk menyatukan persepsi mengenai sistem pengawasan, serta memahami aturan aturan dan hal yang terkait, sehingga jika terjadi pelanggaran bisa dilakukan penindakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kepada seluruh peserta untuk menyatukan presepsi agar semuanyaa tidak keliru mengenai sistem pengawasan ataupun pelanggaran sehingga sistem penindakan yg termuat dalam undang-undang sebagai landasan kita melakukan pekerjaan pengawasan ini bisa dijalankan,” tuturnya.

PPL yang berasal dari 18 kecamatan di kabupaten Gowa mengikuti kegitan itu, yang berlangsung selama dua hari.

Facebook Comments
Baca Juga :  Penumpang Kapal MS Coral Adventure di Nyatakan Sehat dari Covid 19