Kecamatan Tamalate Sosialisasikan Kebijakan UMKM

Infoasatu.com, Makassar – Pemerintah Kecamatan Tamalate Kota Makassar melakukan sosialisasi terkait  kebijakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kegiatan digelar di Baruga Amaliah Kel. Maccini Sombala, Jumat (20/7), diikuti puluhan pelaku UMKM dari 11 kelurahan se kecamatan Tamalate.

Kasie Ekbang Kec. Tamalate, Muhammad Naufal menyatakan, kegiatan ini digelar sebanyak 6 angkatan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM sebagai penggerak ekonomi lokal.

“kegiatan ini harapannya meningkatkan mutu dan daya saing UMKM serta mempererat kerjasama antar lembaga pelaku ekonomi skala mikro kecil,” tambahnya.

Sebagai narasumber Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Makassar, Daniel Katto dan Koord. Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulsel, Bahrul ulum Ilham.

Dalam paparannya, Daniel Katto menyatakan,sektor-sektor ekonomi yang dikelola UMKM terbukti lebih mampu bertahan dari guncangan berbagai krisis sehingga bisa lebih mandiri.

Adapun Bahrul ulum menyampaikan beberapa kebijakan tentang UMKM antara lain izin usaha mikro,program UMKM naik kelas,wirausaha baru dll.

Ditambahkannya,untuk dapat maju dan berkembang, modal uang besar bukanlah faktor utama melainkan kreatifitas dan daya tahan UMKM, juga ongkos produksi dan pangsa pasarnya harus jelas.

Pertumbuhan ekonomi kota Makassar yang selalu di atas rata-rata nasional menjadikan masyarakat bisnis baik skala kecil, menengah dan besar berlomba menangkap peluang yang terbuka lebar, katanya. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Makassar Raih Penghargaan Kota Peduli HAM 2019

Idris Muhammad

referensi cerdas