Kemenag

Kloter 13 Tiba Lebih Awal dari Kloter 12, Ini Penjelasan GM Garuda Makassar

Infoasatu.com,Makassar– Pesawat Garuda Indonesia Airways GIA 1212 yang mengangkut 392 jemaah haji kloter 12 embarkasi – debarkasi UPG Makassar terlambat tiba di bandar udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sekira 2 jam lamanya. Terjadwal GIA 1212 ini seharusnya tiba pukul 23.50 WITA, namun karena terjadi perubahan slot terbang sehingga pesawat ini baru bisa mendarat pukul 01.38 WITA, Sabtu dini hari 15 Juli 2021.

Mengenai keterlambatan ini, General Manajer Garuda Indonesia Makassar I Wayan Gilang Aditya yang dikomfirmasi via telepon seluler menjelaskan bahwa keterlambatan terjadi karena adanya perubahan slot time penerbangan di bandar undara King Abdul Aziz Jeddah Saudi Arabia.

“Benar pak, kloter 13 tiba lebih awal dari kloter 12 karena pesawat dengan flight number GIA 1212 yang akan mengangkut jemaah kloter 12 mengalami perubahan slot time penerbangan. Untuk jadwal terbang selanjutnya harus menuggu jadwal baru yang dikeluarkan oleh bandara setempat,’ terang Wayan sapaan akrab GM Garuda Makassar ini.

Lanjut dijelaskan Wayan bahwa perubahan slot time penerbangan tidak sesederhana yang kita bayangkan, bahwa kita bisa mengalihkan penumpang kloter 12 ke pesawat GIA 1213 yang ditumpangi kloter 13 agar jemaah haji kloter 12 tetap tiba lebih dulu.

“Tidak sesederhana itu pak, pesawat dengan flight number yang sudah teregistrasi harus patuh pada slot time penerbangan yang telah ditetapkan. Karena GIA 1212 mengalami perubahan slot time maka secara otomatis keberangkatan penumpangnya juga tertunda, sementara GIA1213 yang mengangkut kloter 13 keberangkatannya tetap ontime, makanya mereka tiba lebih awal,” tandasnya.

Tentunya, perubahan slot time penerbangan GIA1212 ini berimbas pada keterlambatan prosesi penyerahan jemaah haji kloter 12 kepada PPIH Daerah asal para jemaah haji kloter 12 yang digelar di aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar.

Baca Juga :  Giliran Kloter Medan Delay, PPIH: Garuda Harus Tanggung Akomodasi dan Transportasi Jemaah Haji

392 jemaah haji asal kabupaten Luwu, Gowa dan Kota Makassar yang tergabung dalam kloter 12 ini tiba di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, pukul 2.30 WITA dini hari.

Adapun daerah asal jemaah haji kloter 12 ini adalah Kab. Luwu (284 jemaah), Kab. Gowa (99 jemaah) dan Kota Makassar (44 jemaah), ditambah 5 petugas kloter. Jemaah kloter 12 ini kemudian diserahkanoleh oleh Sekretris PPIH embarkasi – debarkasi UPG Makassar Ali Yafid ke TPHI Daerah untuk diperoses kepulangannya ke daerah masing-masing.

Diinformasikan bahwa 3 jemaah kloter 12 ini wafat di Arab Saudi, yaitu Sitti Hawa Kalu (74) asal Kab. Luwu, Mari Mantereng Nawo (73) juga dari Kab. Luwu dan Burhan Nais Ibrahim Musa (74) dari Kab. Gowa. Di kloter 12 ini terdapat 2 jemaah mutasi masuk atau tanazzul yaitu Rahmat La Rodding dari Kota Makassar eks. kloter 31, Salma Gonto Bombong juga dari Kota Makassar Eks. Kloter 31. (AB)

Facebook Comments