Kreatif, Lurah Barana Bersama Warga Ciptakan Ruang Refreshing Gratis

Infoasatu.com, Makassar – Terusan kanal yang identik dengan wilayah kumuh disulap oleh masyarakat Barana menjadi ruang wisata alam, selain menambah keindahan dan keasrian kota, juga memberikan kesan kota tanpa kumuh semakin nyata.

Memasuki wilayah kanal tepatnya di Jalan Balana 2 Stapak 5 Inspeksi kanal RT07 RW03, mata kita disuguhkan pemandangan unik, bertabur bermacam tanaman menghiasi sepanjang lorong, di ujung lorong terdapat tempat duduk sepanjang 3 meter dari batu, terletak persis di pinggir kanal, berwarna orange bertuliskan I love MC (Makassar City).

Lurah Barana, Hj. Nurmia mengatakan, Kegiatan ini diinisiasi oleh para tokoh masyarakat, RT/RW dan Masyarakat, khususnya anak muda dan remaja, Dengan adanya inovasi yang murni dari swadaya masyarakat ini, membantu menetaskan program pemerintah serta menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

“Hal ini juga memberikan motivasi kepada masyarakat untuk menciptakan inovasi di RT/RW lainnya, memperbaiki lorongnya hingga terlihat indah dan nyaman. Aktifnya masyarakat di lorong khususnya remaja akan membantu mengurangi dampak kenakalan remaja di wilayah tersebut sehingga rasa aman juga dapat terwujud antar masyarakat, ucap Nurmia, (7/3).

Lanjut Nurmia, Program ‘Jagai Anakta’ yang selalu didengungkan oleh pemerintah, tentunya akan memberikan dampak yang baik karena dengan adanya lorong yang bersih maka anak-anak juga dapat beraktifitas dengan bebas di lorong.

Sementara, Ketua RT.07 RW.03, Azis Duma mengatakan, Tempat refreshing ini tercipta atas kerja swadaya masyarakat didasari kesadaran masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.

Sejak tempat ini terbangun, masyarakat sekitar sering berkumpul disini, berbagi cerita dan berdiskusi sambil bersilaturahmi, rutin Pagi dan Sore.

“Kalau pagi dan sore ibu ibu sudah berkumpul di sini ngerumpi, malam hari giliran anak muda dan bapak-bapak yang diskusi di sini sambil menikmati angin sepoi-sepoi layaknya Pantai Losari”, ujarnya semangat. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Ramaikan Dies Natalis ke - 63 Unhas, Iqbal Ikut Jalan Kaki

Idris Muhammad

referensi cerdas