Lansia 91 Tahun Bakal Umroh Dibiayai Presiden RI

Infoasatu.com, Makassar – Nyak Sandang, mungkin banyak orang yang tidak tahu siapa sosok pria berusia 91 tahun asal Aceh ini. Semua berasal dari kisah hidupnya yang membuat pria lansia tersebut istimewa, bahkan presiden Joko Widodo turut berterima kasih padanya atas jasanya kepada Indonesia.

Berawal dari Nyak Sandang yang kala itu masih berusia 23 tahun, ia bersama orang tuanya menjual sepetak tanah miliknya dan 10 gram emas.

Soekarno yang kala itu menjabat sebagai presiden pun menerima sumbangan itu sebanyak SGD 120 ribu (sekitar Rp. 1.2 juta) dan 20 kg emas murni untuk membeli dua pesawat terbang, yang diberi nama Seulawah R-001 dan Seulawah R-002. Dua pesawat tersebut merupakan cikal bakal maskapai Garuda Indonesia Airways.

Nyak Sandang yang merupakan pemilik surat obligasi pembelian pesawat RI 001 Seulawah. Beliau adalah salah satu orang yang ikut andil menyumbangkan harta kekayaannya untuk membeli pesawat pertama Indonesia.

Di tahun 2018 silam, Nyak Sandang sempat bertemu dengan presiden Jokowi. Melalui kesempatan itu, presiden RI berterima kasih kepada Nyak Sandang atas jasanya dulu kepada Indonesia.

Tahun ini pada bulan Maret, Nyak Sandang bersama anak dan menantunya akan melaksanakan ibadah umroh yang dibiayai sepenuhnya oleh presiden Jokowi.

Facebook Comments
Baca Juga :  Makassar Segera Berlakukan Tilang Kamera, Ini Titiknya