Longsor Terjadi di Sejumlah Titik di Ciamis, 1 Rumah Rusak Berat Tertimbun Longsor

Infoasatu.com, Ciamis – Tanah longsor terjadi di sejumlah titik di Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Longsor diakibatkan hujan deras yang mengguyur wilayah Ciamis sejak Sabtu (25/9) malam hingga Minggu (26/9) dini hari.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun 1 rumah rusak berat tertimbun longsor di Dusun Sigung 1 Benteng Masjid juga ada longsor yang menimpa rumah warga. Satu masjid terancam ambruk.

Jalan kabupaten penghubung Desa Nasol dan Desa Darmacaang juga tertutup longsor. Sehingga kendaraan tidak bisa melintas. Di Dusun Sigung II ada longsor tanah. Serta, di Dusun Palasari Benteng ada rumah warga yang ambruk.

“Terjadi longsor setelah hujan deras di 10 titik di Desa Nasol. Longsor umumnya menimbun saluran air irigasi. Ada juga tembok tebing menimpa rumah dan tanah menimbun jalan kabupaten,” kata Sekdes Nasol Abdul Latif, Minggu (26/9/2021).

Saat ini warga sekitar di setiap lokasi longsor melaksanakan kerja bakti membersihkan material tanah longsor. Sedangkan untuk jalan yang tertimbun, Pemkab Ciamis telah menerjunkan alat berat.

“Pemerintah sudah menurunkan alat berat untuk membereskan material longsor sehingga jalan bisa segera dilintasi oleh kendaraan dari dua Desa. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” ujar Latif.

Latif mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan waspada di musim hujan ini. Mengingat Desa Nasol berada di ketinggian sehingga rawan terjadi bencana longsor. Ketika terlihat ada potensi longsor sebaiknya mengungsi.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan di musim hujan sekarang,” ungkap Latif.

Facebook Comments
Baca Juga :  Gempa 5,1 M Guncang Nias Utara, Warga Panik dan Berhamburan