Mendagri: Paslon Pilkada Harus Membuat Pakta Integritas Untuk Mematuhi Protokol Covid-19

Infoasatu.com, Jakarta – Demi mematuhi protokol Covid-19, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta pasangan calon Pilkada untuk membuat pakta integritas. Tito meminta jajaran penyelenggara dan pengawas pemilu sesegera mungkin memanggil partai politik pengusung paslon di Pilkada agar taat protokol kesehatan.

“Kami sudah sampaikan kepada stakeholders yang ada di daerah agar KPU, Bawaslu sesegera mungkin mengundang partai politik yang sudah mendaftar dan mereka disampaikan (PKPU) sambil juga dihadiri forkompinda, agar mereka mengerti, dan kemudian acara ini juga dihadiri Kasatpol PP, itu yang jadi unsur penegak juga,” kata Tito, Rabu (9/9/2020).

“Kemudian ada Kapolri dan jajaran BIN dan jajarannya ini di tingkat daerah lakukan rapat koordinasi, disampaikan peraturan KPU-nya tahapan-tahapannya dan kerawanan dan kemudian, tadi kita sudah mendorong izin ke Menko Polhukam agar para kontestan dan paslon itu membuat pakta integritas,” lanjutnya.

Tito menuturkan, pakta integritas yang sudah hanya memuat soal kepatuhan dan kesepakatan komitmen pilkada damai. Untuk itu dia meminta agar pasangan calon membuat pakta integritas yang berisikan komitmen mematuhi protokol Covid-19.

“Jadi selama ini memang sudah ada, tapi isinya kepatuhan atau kesepakatan komitmen untuk pilkada aman damai. Nah ini tidak, aman damai dan sebagai sekaligus kepatuhan terhadap protokol COVID-19,” ujar Tito.

Lebih lanjut Tito mengatakan, komitmen terhadap kepatuhan protokol Covid-19 merupakan hal yang penting. Tito menyampaikan, dirinya sudah menyiapkan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, adapun 56 sanksi teguran sudah dilayangkan kepada para pertahanan Pilkada 2020.

“Ini yang disampaikan, komitmen ini jadi penting, ini upaya mencegah setelah itu kita juga menyiapkan punishment bagi yang melanggar mulai dari teguran. Saya sudah keluarkan 56 teguran kepada petahana yang ikut, tapi melakukan pengumpulan massa,” tutupnya.

Facebook Comments
Baca Juga :  Diakui di Bidang Perdagangan, Danny Raih Penghargaan dari Innovation Network of Asia 2018