Mengenal Istilah-istilah dalam Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19)

Infoasatu.com, Jakarta – Virus Corona atau Covid-19 menyebar dengan cepat hingga hampir ke seluruh penjuru dunia. Wabah virus Corona juga telah masuk ke wilayah Indonesia.

Pemerintah RI mengeluarkan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk tetap berdiam diri di rumah untuk menghindari resiko penularan Corona. Sebelum melakukan pencegahan terhadap penyebaran Corona, ada baiknya kita mengenal istilah-istilah dalam penanganan Corona.

Berikut istilah dalam Corona Virus Disease (Covid-19):

  1. ODP (Orang Dalam Pemantauan)
  2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan)
  3. Suspect (diduga terkena Virus karena sudah menunjukkan gejala dan pernah berkontak atau bertemu dengan Orang yang Positif Corona)
  4. Positif (setelah melalui Cek Laboratorium dan Prosedur lain)
  5. Lockdown (Mengunci masuk keluar dari suatu Wilayah/Daerah/Negara)
  6. Social Distancing (Menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar Manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak Orang).
  7. Isolasi (Untuk yang Sakit mengendalikan Penyebaran Penyakit dengan membatasi perpindahan Orang. Mencegah perpindahan Penyakit dari Orang yang Sakit)
  8. Karantina (Untuk yang Sehat, Mengendalikan Penyebaran Penyakit dengan membatasi perpindahan Orang. Mencegah perpindahan Penyakit ke Orang yang Sehat)
  9. Work From Home (WFH) Bekerja dari Rumah
  10. Imported Case (Seseorang terjangkit saat berada diluar Wilayah dimana Pasien melapor)
  11. Local Transmission (Pasien tertular diWilayah dimana Kasus ditemukan)
  12. Epidemi (Penyebaran Penyakit secara Cepat dengan jumlah terjangkit Banyak dan tidak Normal, Penyebaran disuatu Wilayah)
  13. Pandemi (Penyebaran terjadi secara Global)
Facebook Comments
Baca Juga :  UIN Alauddin Sosialisasi Penerimaan Maba di Stand Sulawesi Education dan Techno Expo 2020