Menu Sahur dan Buka Puasa yang Tepat untuk Ibu Hamil

Infoasatu.com, Tips – Wanita memang memiliki berbagai tantangan, utamanya pada bulan puasa. Di satu sisi tetap ingin melaksanakan ibadah puasa sementara di sisi lain ia juga mesti memikirkan kesehatan dan asupan nutrisi bagi janin yang dikandungnya.

Namun tidak perlu khawatir. Karena tetap ada upaya yang bisa dilakukan untuk tetap menjalankan kewajiban melaksanakan ibadah tersebut dengan cara memilih menu sahur dan buka puasa yang tepat.

Ibu hamil yang sedang berpuasa pastilah membutuhkan asupan nutrisi yang lebih ekstra. Dokter ahli gizi dr Paulina Toding, M.Gizi, SpGK dari RS Royal Progress, Jakarta Utara menjelaskan sebaiknya untuk menu sahur terbaik, Ibu Hamil dianjurkan memilih nasi atau roti gandum.

“Lalu perbanyak sayuran dan jus buah. Untuk jus buah nggak cuma airnya saja tapi juga buahnya sehingga serat bisa dikonsumsi, itu yang bikin kita kenyang lebih lama,” kata dr Paulina.

Selain itu, dr Paulina juga menyarankan agar mengurangi makanan yang terlalu manis saat sahur. Karena, meski hal tersebut bisa memicu gula darah cepat naik tapi juga cepat turun. Sehingga ibu hamil juga akan cepat merasa lapar.

“Untuk menu berbuka, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi makanan manis dulu kayak kurma atau buah dan jangan kebanyakan juga. Gorengan juga jangan terlalu banyak karena nanti nggak nyaman di perut,” ucapnya.

Setelahnya kata dr Paulina dianjurkan lagi untuk makan makanan berat lalu bisa juga ditambah makanan camilan seperti biskuit yang bisa dikomsumsi dua jam setelahnya.

DIkutip dari detikHealth, menurut dr Hari Nugroho, SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya ibu boleh-boleh saja berpuasa asalkan kehamilan dinyatakan normal oleh dokter dan perkembangan bayi selama kontrol baik.

Baca Juga :  Cemas Memikirkan Teror Bom Surabaya? Waspadai Lonjakan Asam Lambung

“Namun sebaiknya yang melakukan puasa adalah ibu yang usia kehamilannya sudah memasuki trimester dua, yakni kehamilan 14 sampai 27 minggu,” ujar dr Hari. (*)

Facebook Comments

Idris Muhammad

referensi cerdas