Perumda Air Minum

PDAM Makassar Ungkap Penyebab Klorida di IPA Meningkat: Air Laut Masuk Sungai

Infoasatu.com,Makassar–Direktur PDAM Kota Makassar Beni Iskandar mengatakan tingginya kadar klorida di instalasi pengolahan air (IPA) minum tinggi terjadi karena tidak ada hujan di hulu. Kondisi ini membuat air laut masuk ke sungai.
“Karena tidak ada hujan di hulu terjadi intrusi air laut yang masuk ke sungai,” kata Beni Iskandar saat dihubungi oleh detikSulsel, Selasa (17/10/2023).

Beni mengatakan ada dua IPA yang kapasitas produksinya menurun karena sumber air bakunya kurang. Pihak PDAM akhirnya menyetop sementara produksi IPA.

“Kita tidak bisa produksi menjadi air bersih,” ujarnya.

Beni mengatakan saat ini tak ada solusi dalam memproduksi air bersih. Pihaknya hanya bisa menunggu hujan di hulu.

“Kita berharap hujan segera,” cetusnya.

Diberitakan sebelumnya, suplai air bersih PDAM sudah tiga hari disetop di sembilan kecamatan. Gangguan distribusi air masih terjadi dikarenakan kadar klorida air baku yang meningkat hingga melebihi batas aman.

“Informasi gangguan terhitung dari tanggal 12 Oktober 2023 sampai sekarang,” tulis PDAM yang dikutip detikSulsel, Sabtu (14/10).

“Dikarenakan kadar klorida pada air baku masih tinggi diakibatkan kekeringan pada saluran sumber air baku di Jalan Abdullah Dg Sirua, maka IPA 3 dan IPA 2 akan mengalami gangguan produksi sementara sampai kadar klorida normal kembali,” tambahnya.

Facebook Comments
Baca Juga :  Jajaran Direksi Perumda Air Minum Kota Makassar Turun Langsung Sosialisasikan Pembayaran Online ke Pelanggan