Perumda Air Minum

PDAM Makassar Ungkap Sisa 2 IPA Beroperasi, Cuma Jangkau Selatan-Barat Kota

Infoasatu.com,Makassar–Sebanyak 3 Instalasi Pengelolaan Air Bersih (IPA) milik PDAM Makassar berhenti beroperasi imbas kekeringan. Kini tersisa 2 IPA yang beroperasi dan hanya menjangkau wilayah selatan dan barat kota.
“Jadi, imbas ini (kekeringan) menyebabkan luasannya pelanggan masyarakat yang kesulitan air ini bertambah,” ungkap Kabag Humas PDAM Makassar Idris Tahir kepada detikSulsel,

Idris menyampaikan saat ini hanya ada dua IPA yang aktif beroperasi, yakni IPA Ratulangi dan IPA 5 Somba Opu. Kedua IPA itu hanya bisa menjangkau wilayah tertentu di daerah selatan dan barat kota.

“IPA kita yang masih aktif alhamdulillah sampai sekarang ini masih normal, sisa IPA 1 Ratulangi tempat mengambil air untuk bantuan ke pelanggan kita, dengan IPA 5 Somba Opu,” bebernya.

“Jadinya IPA Somba Opu ini kita tambah produksinya, kita tambah suplainya, untuk bisa menutupi defisit air di beberapa daerah di selatan dan barat kota. Seperti Cendrawasih itu, sudah ada suplai dari IPA 5 Somba Opu juga masuk ke sana,” imbuhnya.


Dengan kondisi ini, PDAM Makassar mengaku tidak bisa berbuat banyak. Idris menyebut PDAM kini terus berupaya menyalurkan suplai air dengan mengantarkan langsung ke rumah warga.

“Solusinya kita mengantarkan air kepada pelanggan. Untuk informasi-informasinya, semua instansi juga ikut berkolaborasi dengan BPBD, untuk membantu juga mengantar air kepada masyarakat,” ujarnya.

Idris mengatakan dalam kondisi ini pihaknya mengakui tidak bisa memuaskan semua orang. Sebab, stok air juga berbeda ketika dalam kondisi air baku mengalir normal.

“Walaupun memang tidak bisa memuaskan semua orang. Ekspektasinya, orang dengan pengantar yang saya tangki, pasti tidak puas, pasti tidak cukup. Kalau tidak cukup, karena memang tidak akan sama, seperti itu dengan air yang mengalir secara reguler,” kata dia.

Baca Juga :  Wawancara Khusus Benny Iskandar Plt Perumda Air Minum Makassar: Uang Tidak Masuk Kantor


Sebelumnya diberitakan, 3 IPA PDAM Makassar setop beroperasi akibat kekeringan. Gangguan suplai air bersih pun kini terdampak di 14 kecamatan.

Informasi yang dihimpun dari PDAM Makassar, IPA 2 mencakup wilayah 14 kecamatan. Wilayah yang dimaksud, yakni Kecamatan Biringkanaya, Bontoala, Makassar, Mamajang, Manggala, Mariso, Panakkukang, Rappocini, Tallo, Tamalanrea, Tamalate, Ujung Pandang, Ujung Tanah, dan Wajo

Sementara IPA 3 mencakup wilayah Kecamatan Manggala. Untuk IPA 4 wilayah cakupannya, yakni Kecamatan Makassar, Mamajang, Mariso, Rappocini, Tamalate dan Ujung Pandang.

Facebook Comments