Pemkot Makassar Gandeng IKA Unhas, Kolaborasi Putus Rantai Covid 19

Infoasatu.com, Makassar – Berbagai cara dan upaya dilakukan Pemerintah Kota Makassar untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan menggandeng IKA Unhas.

Kalaborasi keduanya ini dengan menciptakan aplikasi dengan Model Pengendalian TSM (Terstruktur, Sistemik dan Massif).

Penjabat Wali Kota Makassar, Prof. Yusran Jusuf menyambut baik kepedulian IKA Unhas ini. Yusran menyebutnya sebagai semangat dan energi baru.

“Kita akan bersama-sama bahu membahu. Ini menjadi energi baru untuk bisa lebih baik dan mengendalikan virus Covid 19,” ucapnya, usai melihat presentasi IKA Unhas, di posko Induk Covid 19 Makassar, Sabtu (20/6/20).

Sementara, Juru Bicara Tim Perumus Rekomendasi IKA Unhas, Dr Sakka Pati SH MH, mengatakan ia akan mengajak jajaran pemerintah Kota Makassar hingga level terbawah yakni RT/RW untuk mentracking warganya.

“Jadi kita harus memang kerjasama yang tau itu warganya kan RT/RW yang terdekat. Jadi nanti ada aplikasi yang akan diisi sendiri oleh RT/RW agar kita mengetahui secara detail perkembangan Covid 19,” ujarnya.

Ia menyebut sentuhan ini sebagai Pembatasan Sosial Berskala Keluarga (PSBK). Menurutnya, keluarga itu sangat penting sebagai pioner pertama dalam menegakkan protokol kesehatan.

Sakka pati juga meminta agar Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, dan relawan agar berpartisipasi aktif  mengedukasi masyarakat dengan pendekatan keagamaan dan kultur setempat.

Kalaborasi ini diharapkan bisa menjadi salah satu jalur untuk memberi pemahaman kepada masyarakat secara maksimal. (*).

Facebook Comments
Baca Juga :  Makassar Kembali Dianugerahi Penghargaan Baznas Award 2018