Penggerak UMKM Sulsel Peringati Hari UMKM Internasional

Infoasatu.com, Makassar – Puluhan penggerak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Sulsel terdiri dari unsur pelaku usaha, asosiasi pengusaha, komunitas, akademisi, pemerintah dan media menyemarakkan peringatan hari UMKM Internasional yang jatuh pada tanggal 27 Juni 2018.

Hari UMKM Internasional yang bertepatan gelaran pilkada sehingga peringatannya di Makassar dilaksanakan tanggal 28 Juni 2018, bertempat di KUMKM Center Sulsel, Jalan AP. Pettarani.

Kegiatan bertema “Humane Entrepreneurship for Better Indonesia” dikemas dalam bentuk FGD (Focus Group Discussion), dipandu Dr. Nur bau Massepe selaku City Coordinator ICSB (International Council for Small Business) yang diharapkan lahirnya pemikiran strategis terkait kebijakan pengembangan UMKM di daerah dan kolaborasi mulitpihak untuk memajukan UMKM di daerah.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain kepala Diskop UKM Sulsel, Malik Faisal, ketua Apindo Makassar, Muammar Muhayyang, Perwakilan Mark Plus, Kikiy Marisa, Koord. Konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum, ketua ABDSI Sulsel, Salman Sahmad, ketua AKUMANDIRI Sulsel, Bahtiar Baso, Koordinator POSKO UMKM, Budi sarjana, perwakilan BUMN, akademisi dan stakeholder UMKM lainnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Malik Faisal sangat mengapresiasi acara FGD.
Dikatakannya,pertumbuhan ekonomi Sulsel yang selalu di atas rata-rata nasional sebagai motor penggeraknya adalah UMKM. “Saatnya UMKM Sulsel go global dan memanfaatkan teknologi digital. Dengan hari UMKM Internasional ini, akan memberi semangat bagi pelaku UMKM untuk lebih mengembangakan usahanya,” ujarnya.

Koord PLUT Sulsel,Bahrul ulum mengatakan,pemberdayaan UMKM seluruh stakeholder harus terlibat dan terus bergandeng tangan.Disamping itu, harus juga ada keinginan yang kuat dari pelaku UMKM agar bisa naik kelas melalui inovasi dan kreativitas dalam pengembangan usahanya,tambahnya.

“Perlu terus didorong Kerjasama multipihak atau pentahelix dari unsur pemerintah,asosiasi bisnis,komunitas,akademisi dan media yang berkolaborasi satu sama lain untuk saling melengkapi dan mempercepat pengembangan UMKM,tandasnya

Baca Juga :  Makassar Wakili Indonesia di Jaringan Kota Cerdas ASEAN

Hari UMKM Internasional 27 Juni ditetapkan dalam Sidang Umum PBB sebagai United Nations-Micro and Small Medium Enterprise (UN-MSME) Day. Perayaan pertama Hari UMKM Internasional digelar pada 27 Juni-1 Juli 2017 di International Council for Small Business (ICSB) World Conference ke-62 di Buenos Aires, Argentina. Sebelumya, tepatnya 16 Juni 2016, menjadi tonggak sejarah di mana Indonesia menjadi salah satu inisiator Hari UMKM Internasional. Bertempat di markas PBB di New York, Indonesia diwakili oleh Menterl Koperasi dan UKM A.A.G.N. Puspayoga bersama enam menteri dari negara lain. (*)

Facebook Comments

Idris Muhammad

referensi cerdas