Piring Ini Mencegah Kebiasaan Memotret Makanan Sebelum Makan

Infoasatu.com, Brussel – Tak jarang, teman, sahabat, atau kerabat memotret makanan sebelum menyantapnya lalu mengunggah ke sosial media. Alasannya macam-macam, sekedar ingin berbagi, memperkenalkan menu baru yang dihindangkan, nama resto tempat bersantap, hingga sekedar eksis di media sosial.

Bukanlah satu hal yang aneh, mengingat media sosial dengan berbagai interaksinya saat ini seolah menjadi bagian dari kehidupan. Namun sadarkah kita, keinginan memotret hidangan tersebut justru bisa merusak selera makan sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Sebuah inovasi dari merek air mineral Bru asal Belgia memperkenalkan gagasan baru mereka sekaitan hal tersebut. Jenama itu menciptakan piring khusus yang dapat mencegah siapa pun untuk memotret hidangan.

Piring itu dinamai “Bro Social Plates”. Ia memiliki tampilan seperti piring keramik biasa dengan desain artistik berwarna biru. Pada hiasan berwarna biru itu, terdapat banyak Quick Response (QR) Code yang tersembunyi.

Ketika seseorang menghadapkan kamera ponsel ke arah piring, kode-kode itu mulai bekerja. Alih-alih memoret, ponsel malah mengarah ke sebuah laman situs. Lantas, ada kotak peringatan yang muncul dan menuntut untuk dibaca.

“Foto yang bagus! Tapi jangan lupa untuk menikmati waktu bersama teman makanmu juga ya,” demikian bunyi kalimat di kotak peringatan itu, seperti dikutip dari laman Food and Wine.

Kalimat tersebut memang tidak sepenuhnya bisa menghentikan orang memotret hidangan. Paling tidak, “Bro Social Plates” mengingatkan untuk menikmati esensi sebenarnya dari makan bersama atau menikmati hidangan seorang diri.

Pihak restoran, koki, atau siapapun yang tertarik untuk memiliki “Bro Social Plates” bisa mengakses situs resmi jenama Bru untuk memesannya. Piring unik tersebut bisa menjadi cara halus untuk membuat para tamu menyingkirkan ponsel mereka.

Baca Juga :  Saatnya Emak-Emak Ngerumpi Bisnis Digital

Ini bukan inovasi pertama yang mencoba menghentikan orang menggunakan ponsel atau media sosial di meja makan. Ada pula temuan serbet khusus, selain larangan langsung dari pihak restoran dan penyediaan kotak untuk menyimpan ponsel. (*)

Facebook Comments