Plt Kadis PU Bakal Support Penyiapan Wastafel Portabel untuk Pencegahan Covid-19

Infoasatu.com, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menyiapkan wastafel portabel untuk membantu warga menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun. Rencananya, wastafel portabel ini akan di pasang di pasar-pasar tradisional, termasuk juga di ruang publik lainnya.

Hal ini sejalan dengan rencana Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar yang bakal memberi support tersedianya sarana tempat cuci tangan portabel di ruang-ruang publik.

Plt. Kadis PU Kota Makassar Muh Ansar mengatakan pihaknya juga akan berpartisipasi aktif dalam rangka memerangi penyebaran virus corona yang kini mewabah di masyarakat.

“Segala upaya akan kita lakukan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di kota Makassar. Salah satu yang menjadi langkah awal kita adalah dengan menyediakan sarana atau tempat cuci tangan di area publik,” bebernya, Selasa (24/03 2020)

Ansar menjelaskan, untuk mengurangi resiko virus berbahaya ini meluas di masyarakat, maka sudah sepatutnya pemerintah menyiapkan tempat untuk mencuci tangan bagi masyarakat. Karena menurutnya hanya ada 3 langkah pertama virus mematikan ini bisa diminimalisir penyebarannya. Yakni, mencuci tangan, jaga jarak, dan mengenakan masker saat keluar rumah.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengecek langsung kondisi wastafel portabel yang sudah dirakit di halaman Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar, Senin (23/3/2020).

“Salah satu kunci keberhasilan dalam menghentikan penyebaran Virus Covid-19 yakni menjaga kebersihan warga dengan rutin mencuci tangan. Makanya kita ingin mempermudah warga dengan menyiapkan wastafel di tempat-tempat umum, termasuk di pasar-pasar tradisional dan ruang publik lainnnya di Makassar. Saat ini yang siap dipasang sekitar 20 an, dan akan kita terus tambah. Beberapa pihak swasta juga sudah ada mengkonfirmasi untuk berpartisipasi, dan itu kita sangat berterima kasih,” ujar Iqbal.

Baca Juga :  Sukses Bertani di Lahan Sempit, Danny Sebut Petani Perkotaan Luar Biasa

Iqbal juga menambahkan, wastafel portabel ini dibekali dengan alat penampung air bersih yang nantinya rutin di suplay oleh PDAM, termasuk sabun untuk cuci tangan warga.

“Kami juga meminta kepada seluruh pihak swasta untuk bergerak dalam solidaritas bersama Makassar melawan penyebaran Covid-19, termasuk juga memperkuat solidaritas warga untuk menjaga kedisiplinan menjaga jarak, dan tinggal di rumah saja jika tidak ada urusan yang penting,” lanjutnya.

Bagi pihak swasta yang ingin berpartisipasi, Iqbal mengundang untuk datang dan melihat desain wastafel portabel yang telah rakit di Kantor PDAM Kota Makassar. (*)

Facebook Comments