Plt Kadis PU Sebut Pembangunan IPAL Losari Rampung 2023 Mendatang

Infoasatu.com, Makassar – Progres pembangunan Instalasi Pengelolahan Air Limbah Losari (IPAL Losari) masih belum menunjukkan kemajuan yang signifikan. IPAL Losari senilai Rp1,26 triliun itu diharapkan sudah bisa rampung pada 2023 mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Muh Anshar menyebutkan, proyek ini terbagi dalam enam paket pengerjaan.

“Jadi proyeknya dipecah-pecah. Ada yang membuat IPAL sendiri di sana di Losari, dan ada juga pekerjaan lain seperti perpipaannya, ada pompanya. Pompanya terletak di sebelah balaikota, taman segitiga,” kata Anshar yang juga Sekretaris Kota Makassar ini, Jumat (13/3/2020).

Pembangunan IPAL Losari ini, tambah Anshar, mulai digagas beberapa tahun lalu. Pemerintah daerah menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) terkait pembebasan lahannya.

IPAL Losari ini diharapkan bisa menuntaskan persoalan limbah rumah tangga di dua kecamatan yakni Kecamatan Mamajang dan Mariso. Dari dua kecamatan ini, dibagi menjadi enam zona. Zona 1 Utara yakni Jalan Onta Lama bagian Utara hingga ke jalan Samratulangi, zona II tengah Jalan Onta Lama ke arah selatan Jalan Macan, zona III Utara Jalan Macan ke selatan pertigaan Veteran dan Samratulangi.

Sementara zona IV Barat Utara meliputi Jalan Samratulangi ke barat jalan Cendrawasih, zona V Barat Selatan yakni Jalan Kakak Tua ke Utara jalan Kompleks AsPer Kodam XIV, terakhir zona VI Barat meliputi Jalan Cendrawasih ke Barat Jalan Nuri.

Jika proyek ini rampung, maka Makassar merupakan daerah pertama yang menerapkan instalasi pengelolaan air limbah secara terintegrasi. Dan menjadi pilot project bagi daerah lainnya.

Panjang pipa yang akan terpasang nantinya, mulai dari rumah tangga hingga tempat pengelolaan limbahnya di Maccini Sombala sepanjang 42 km.

Facebook Comments
Baca Juga :  Arahan Pj Walikota, Dinas PU Makassar Lakukan Pengerukan di Area Laut Pantai Losari