PLUT Sulsel-Assalim Diskusi Meraih Bisnis Berkah

Infoasatu.com, Makassar – Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Aliansi Pengusaha Muslim Makassar (Assalim), didukung LPK Smart menggelar Bincang Bisnis. Kegiatan ini bertema, Bisnis UMKM yang Berkat dan Berkah digelar di Gedung PLUT Sulsel, Minggu (13/5/2018).

Acara bulanan PLUT Sulsel ini menghadirkan pakar ekonomi Islam H. Dwi Condro Triono, PhD yang juga Direktur Syafaat Marcom.

Puluhan pelaku UMKM di Makassar pun hadir. Dengan dipandu koord konsultan PLUT Sulsel Bahrul Ulum Ilham, dalam pengantar diskusinya, Dwi Condro mengatakan bagi pebisnis sangat penting sekali belajar tentang pondasi dan kerangka bisnis Islami. 

“Tanpa ada pondasi yang benar dan kuat bisnis akan mudah ambruk, goyah, dan terjebak riba dan dosa,” katanya.

Karena itu pengusaha muslim harus belajar muamalah bisnis karena bisnis bukan hanya untung dan rugi, tapi juga persoalan surga dan neraka.

“Hati-hati di dalam bisnis kalau kita tidak punya ilmunya atau tidak tahu mana yang halal dan haram akan bisa membuat hidup kita rezeki kita tidak berkah,” pungkasnya.

Sementara itu, koordinator Assalim Makassar Zuldirga mengatakan pihaknya akan terus menggelar acara untuk mengedukasi bisnis syariah.

 “Hal ini untuk meraih bisnis yang berkat atau meraih profit, namun juga berkah karena sesuai koridor syariah,” ujarnya lagi.

Ia juga mengutip perkataan ulama besar Imam Malik bahwasanya ketika seseorang tidak mempelajari hukum syariah dalam bisnis maka suka atau tidak suka maka ia akan memakan riba. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Rupiah Terus Melemah, ISLA Unhas Minta KKP RI Bekerja Maksimal

Idris Muhammad

referensi cerdas