Pemerintahan

PPIH Terapkan One Stop Service,Kloter I Embarkasi Makassar Tiba Di Asrama haji

Infoasatu.com,Makassar– Saat Matahari pagi baru saja menampakkan sinarnya diatas ufuk Kota Makassar, tampak iring iringan kendaraan yang membawa Jemaah haji Kloter pertama Embarkasi Makassar mulai memasuki Area Asrama Haji Sudiang Makassar dan langsung menuju Aula Arafah yang menjadi lokasi penerimaan Jemaah haji oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH ).

Seluruh Komponen yang tergabung dalam PPIH dan Pembantu PPIH Embarkasi Makassar yang sudah menunggu sejak pagi menyambut para Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Kota Makassar sebanyak 388 Jemaah, (Selasa, 22 Mei 2023)

PPIH Embarkasi Makassar Musim haji 1444 H/2023 M dalam penerimaan Jemaah haji di Asrama haji Sudiang Makassar menerapkan One Stop Service, hal ini untuk mensupport tagline haji penyelenggaraan haji tahun ini yakni “Haji Ramah Lansia”, sebab Setelah tertunda karena pandemi, jemaah haji lansia tahun ini meningkat signifikan. Jumlahnya mencapai 67.000 atau sekitar 30% dari total kuota jemaah haji seluruh Indonesia.

Sekertaris PPIH Embarkasi Makassar H. Ali Yafid menyampaikan bahwa Mekanisme layanan One Stop Service yang diterapkan saat penerimaan bertujuan untuk mengefektifkan dan mengefesiensikan waktu layanan agar lebih cepat, sehingga Jemaah haji kita memiliki banyak waktu untuk istirahat dan manasik selama di asrama haji sebelum diberangkatkan ke tanah suci.

One Stop Service tersebut meliputi Pembagian Lembar Akomodasi, Penyerahan gelang identitas Jemaah haji, Penyerahan Living Cost dan Pemeriksaan kesehatan Jemaah dan WUS (Wanita Usia Subur) di satu lokasi yang sama yakni Aula Arafah Asrama haji, dan khusus untuk lansia PPIH juga menerapkan Layanan “Jemput Bola” yaitu memberikan layanan kepada Jemaah lansia secara khusus di semua tahapan pelayanan saat penerimaan, Tambah Ali Yafid

Baca Juga :  /88 Wali Kota se-Indonesia Hadiri Rakernas APEKSI 2023 di Makassar

Tanpa memakan waktu yang lama, Prosesi Penerimaan Jemaah haji di Aula Arafah sudah selesai, dan jemaah langsung diantar ke wismanya masing masing oleh panitia dengan menggunakan kendaraan operasional asrama haji (mobil listrik/mobil golf, bus asrama,) dan mengutamakan mobilisasi buat Lansia, termasuk Barang atau Koper bawaannya, Urai Kepala bagian tata Usaha Kanwil Kemenag Sulsel.

Sementara itu, Kepala bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel H. Ikbal Ismail mengatakan bahwa Sejumlah inovasi telah disiapkan oleh PPIH Embarkasi Makassar untuk mensukseskan penyelenggaraan haji tahun ini dan mendukung tema besar kita yakni haji Ramah lansia, termasuk menyiapkan struktur khusus dalam organisasi Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) tahun ini yakni adanya bidang khusus yang menangani Jemaah haji lansia.

Selain Istirahat, Selama di Asrama Haji Sudiang, Jemaah haji akan menjalani sejumlah kegiatan diantaranya Pembinaan Ketua regu dan Rombongan, Bimbingan Manasik Haji seperti Tawaf, Saí, melontar Jamarat serta di mock up pesawat, untuk lebih memantapkan pengetahuan dan wawasan perhajian jemaah, tutur Ikbal.

Di Kloter Pertama Embarkasi Makassar yang kesemuanya berasal dari Kota Makassar, terdapat 82 jemaah Lansia dengan rincian jemaah laki-laki sebanyak 32 orang dan perempuan sebanyak 50 orang, dengan umur antara 65 sampai 90 tahun. Jemaah tertua berusia 90 tahun atas nama Daeng Mile Kobang, sedangkan jemaah termuda bernama Mutiah Amalia Maskur (21 tahun).

Jemaah haji Kloter Pertama ini rencananya akan diterbangkan menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada pukul 01.55 Wita dini hari nanti Rabu, 24 Mei 2023 dengan menggunakan pesawat Garuda Airlines GA 1101 dari Bandara Internasional Sultan hasanuddin Makassar. (Wrd)

Baca Juga :  Pejabat Dinas PU Makassar Ikuti Asistensi RKPD 2020 di Kantor Bappeda
Facebook Comments