Robot UNM Tampil di Sulawesi Educational & Techno EXPO 2019

Infoasatu.com, Makassar – Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) bekerjasama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) wilayah IX dalam ajang hari teknologi yang ke-12.

Kegiatan yang bertajuk Sulawesi Educational & techno EXPO 2019 dilaksanakan di Celebes & Convention Center pada tanggal 14-15 Februari 2019 dengan mengusung tema “Eksistensi pendidikan teknologi di Era revolusi industri 4.0” di ikuti oleh berbagai kampus Negeri maupun swasta di Sulawesi bahkan diluar sulawesi.

Cukup menarik dan mengesankan, ada beberapa item kegiatan yang dilombakan pda event ini. Seperti lomba Tari, Band dan Lomba vlog  yang melibatkan siswa hingga mahasiswa.

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) sebagai bagian dari delegasi Universitas Negeri Makassar (UNM) juga turut menampilkan robot yang mampu menarik perhatian banyak pengunjung, yaitu Robot Tari dan Robot Exapod. 

Robot yang yang dibuat dengan tujuan menonjolkan kebudayaan Indonesia ini dirakit oleh mahasiswa PTIK UNM, Mardhatillah, Alphian A. Mushar dan Maulana Maninnori Nawirma, yang dibimbing oleh Dr. Satria Gunawan, M.T., pembimbing kreativitas  mahasiswa Fakultas Teknik UNM. 

Mardhatillah mengaku merakit robot bergoyang tidaklah terlalu mudah, otak robot berada pada komponen ardino. 

“Setiap detik gerakan dirancang menggunakan driver servo yang terhubung dengan laptop” Ungkapnya seperti dikutip di acara EXPO.

Robot bergerak melalui sinyal yang di kirim dari laptop dan sesuai bunyi musik.  Dialetrik II pandai bermain menari Remo dan sudah kerap kali mengikuti lomba. Salah satunya dalam waktu akan diikutkan pada kontes robot Indonesia oleh Kemristek Dikti yang telah memasukan tahapan pengiriman video.

Ketua Program Studi PTIK, Dr. Mustari Lamada yang di konfirmasi, Sabtu 16 Februari 2019 di sela-sela aktifitas olahraganya mengapresiasi setiap inovasi yang di lakukan mahasiswanya, seperti yang telah dilakukan Mardhatillah dan teman-temannya.

Baca Juga :  Pemateri Jurnalistik MDIA Bontoala Pukul Botol Minum dengan Palu di Depan Santri

“Patut diapresiasi dan didorong agar terus berkreasi” Ucap ketua Prodi ini.

Ia juga berharap semoga tim robot dari UNM yang sedang dalam tahap kompetisi dapat memperoleh prestasi dan diperhitungkan untuk tampil di kontes Robot Indonesia tahun ini.

“Saya dengar-dengar sedang mengikuti kontes Robot Indonesia, kita doakan semoga lulus dan membanggakan kampus” Harapnya. (*)

Facebook Comments

Idris Muhammad

referensi cerdas