Kecamatan

Saiman Susanto Caleg Perindo Optimis Terpilih

Infoasatu.com,Makassar–Saiman Sutanto mantap maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg) di daerah pemilihan (Dapil) 2 untuk DPRD Makassar. Saiman merupakan kader terbaik yang dimiliki oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI).

Menyandang status kader terbaik, Saiman tentu saja sudah lama mengabdi di PSMTI. Ia sudah dua periode menjabat Sekretaris PSMTI Sulsel, dan kini naik kelas ke pengurus pusat sebagai wakil sekretaris umum (Wasekum).

Makanya tak terlalu berlebihan, jika Saiman dinilai sosok yang paling representatif bagi warga Tionghoa di Dapil 2 Makassar. Investasi sosialnya sudah lama dirasakan oleh masyarakat melalui PSMTI Sulsel.

“Saya bukan karbitan, saya tidak tiba-tiba datang sebagai warga Tionghoa sebagai calon, tapi saya melalui proses 20 tahun melalui organisasi. Dan sudah banyak berbuat untuk warga Tionghoa dalam kegiatan sosial mengatasnakaman warga Tionghoa,” katanya.

Saiman menuturkan alasannya kenapa memilih Dapil 2 untuk bertarung di Pileg 2024 mendatang. Menurutnya, Dapil yang meliputi Kecamatan Tallo, Wajo, Bontoala, Ujung Tanah dan Kepulauan Sangkarrang ini merupakan basisnya.

“Jadi memang warga Tionghoa banyak di Dapil 2. Saya mengharapkan aspirasi mereka bisa dipercayakan kepada saya. Sekali pun itu bukan target utama, karena sebagai wakil rakyat ke depan, saya wajib menyerap semua harapan masyarakat,” ujarnya.

Ketua Yayasan Sekolah Pendidikan Anugerah Kasih Makassar ini akan bertarung melalui Partai Perindo dengan nomor urut 1. Tentunya Saiman bukan tanpa alasan memilih partai besutan Hary Tanoesoedibjo (HT) ini.

“Saya pikir Perindo partai yang bersifat nasionalis. Saya juga kagum dengan apa yang dilakukan Pak HT dengan pengembangan UMKM, demi cita-cita Indonesia sejahtera,” ujarnya.

Pria berlatar belakang Wiraswasta dan Bisnis Agency Asuransi ini sudah terjun ke masyarakat sejak beberapa bulan lalu. Berbagai program juga sudah disiapkan ke depan untuk memperkenalkan dirinya kepada konstituen.

Baca Juga :  Satpol PP Makassar Siap Bantu Pemerintah Kecamatan Tertibkan Rumah Kost

Saiman mengaku sudah membentuk timnya. Posko pemenangan juga telah ada yang terletak di Jalan Nusantara Makassar.

Ia pun optimis bisa membantu Perindo mengunci satu kursi di Dapil 2. Apalagi saksi militan sementara digodok untuk mengamankan suara pada setiap TPS.

“Kami target suara 5000 sudah dapat. Kami optimis Perindo bisa mengumpulkan 8 ribu sampai 10 ribu suara di Dapil itu. Karena kita punya target, Perindo harus bisa minimal 1 kursi setiap Dapil, agar terbentuk 1 fraksi,” jelasnya. Perindo memang berpotensi merebut satu kursi di Dapil 2 DPRD Makassar. Sebab Dapil yang memperebutkan 10 kursi itu, tak akan diikuti oleh dua petahana yakni Rudianto Lallo dari Nasdem dan Fatmawati Wahyuddin dari Demokrat yang bakal naik kelas.

Saiman tak hanya aktif di PSMTI. Ia juga menjadi terlibat dalam organisasi kemanusiaan di Lions Club pada berbagai tingkatan, mulai Makassar Mammiri, International dan Distrik 307 B2.

Pengusaha kuliner ini juga menjadi pengurus di Yayasan Tionghoa Budi Luhur dan Yayasan Sosial Hainan Makassar. Pada 2021, Saiman mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia – Dunia sebagai Pendukung aksi sosial kemanusiaan donor darah Bulan Ramadhan 1.182 kantong darah.

Facebook Comments