Sekretaris JAPRI Sulsel Peringatkan KPU Soal Kotak Suara

Infoasatu.com, Makassar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggunakan kotak suara berbahan karton pada pemilu tahun 2019 nanti. KPU menilai, kotak karton lebih efisien dibandingkan yang berbahan aluminium.

Menyikapi hal ini, Dirga Saputra selaku Sekretaris Umum Jaringan Pribumi Indonesia (JAPRI) Sulawesi Selatan mengatakan KPU harus mengedepankan kualitas demokrasi dibandingkan efisiensi pada pemilihan umum.

“Saya berpikir memang perlu efisiensi, perlu penghematan. Tapi dalam demokrasi paling utama kualitas pemilihan dan kualitas kotak, bukan penghematan,” ujarnya kepada wartawan, senin (17/12/2018).

Apalagi, terkait temuan 2.065 kotak suara di KPUD Kota Bandung yang rusak akibat terkena banjir pada 11 Desember 2018 lalu. Ia juga menggambarkan betapa puruknya kualitas kotak suara tersebut.

“Kalau banjir itu besar sekali, apapun kotak suara itu akan rusak. Tapi kalo masih banjir kecil lalu rusak, berarti yang kita pertanyakan kualitas kotak suara,” tuturnya.

Ia juga menginginkan agar jangan sampai suara rakyat terganggu dengan kualitas kotak yang rusak karena kondisi alam. 

“Sebab suara rakyat adalah cermin dari kedaulatan rakyat. Kedaulatan rakyat adalah cermin dari UUD 1945, yaitu kedaulatan ada di tangan rakyat, Suara rakyat jangan sampai di tukar dengan karton tidak berkualitas” ujarnya.

Oleh karena itu, Dirga Saputra menyarankan kepada KPU agar kotak suara kembali seperti pemilu sebelumnya, yaitu menggunakan bahan aluminium.

“Bagaimanapun aluminium lebih kuat daripada karton. Jadi tetap harus mengedepankan kualitas” tuturnya. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Fatma di Mata Warga: Mudah Berinteraksi dan Paham Kebutuhan Perempuan

Idris Muhammad

referensi cerdas